Keluar bercak darah seperti flek

DM Info Penanya: DM, Wanita, 20 Tahun
Pagi dok, saya berusia 20th dan sudah menikah 3bulan lalu..Pada tgl 26 Juli 20 saya haid, dan berhenti haid tgl 4 Agustus.Kemudian hari ini tgl 11 Agustus keluar bercak darah seperti flek sedikit. Warnanya merah kecoklatan. Apakah itu normal dok, atau sisa darah yg haid kemarin..Mohon penjelasan nya dok ..Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DM,

Keluar bercak darah setelah haid bisa merupakan perdarahan diluar siklus menstruasi, hal ini bisa normal terjadi ataupun perlu diwaspadai. Jika rutin melakukan hubungan seksual, flek darah bisa juga merupakan tanda kehamilan. Selain itu flek darah juga bisa terjadi karena beberapa penyebab lain seperti misalnya adalah adanya gangguan organ reproduksi seperti:

  • Endometriosis
  • Tumor jinak
  • Polip
  • Ataupun masalah hormonal

Untuk mengetahui apakah terjadi kehamilan atau bukan, dapat dilakukan pemeriksaan tes kehamilan menggunakan testpack. Pemeriksaan ini memang bisa memberikan hasil negatif jika terlalu cepat dilakukan, untuk itu bila hasil negatif bisa ditunggu sampai siklus haid berikutnya. Jika tidak haid atau terjadi terlambat menstruasi maka pemeriksaan testpack perlu diulang. 

Jika flek darah keluar lebih dari 7 hari maka perlu diwaspadai, karena bisa merupakan gangguan pada organ reproduksi yang perlu diperiksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Pemeriksaan yang bisa dilakukan nantinya seperti pemeriksaan lab darah, USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.

Upayakan selalu menjaga gaya hidup sehat agar terhindar dari masalah yang dapat berkatian dengan hormonal yang bisa menimbulkan gangguan menstruasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.