Apakah pasangan saya bisa hamil?

MU Info Penanya: MU, Pria, 30 Tahun
Dok apabila saya berhubungan dengan pasang saya tetapi tetep memamakai pakaian lengkap cuma saya berhubungan cewe diatas dan saya dibawa kami saling menempelkan kedua alat kelamin kita, setelah beberapa waktu saya ejakulasi atau mengeluarkan cairan, cairan tersebut membasahi celana saya dan celana pasangan saya apakah begitu bisa bikin hamil dok? Sama pasangan saya lagi di masa subur
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MU.

Kehamilan akan terjadi apabila ada pertemuan sel telur wanita dan sperma pria, dimana nantinya akan terjadi proses pembuahan. Agar pertemuan tersebut terjadi, perlu dilakukan hubungan intim atau aktivitas seksual lain, misalnya menggesek-gesekkan penis ke vagina. Apabila hal tersebut dilakukan saat masa subur, kemungkinan kehamilan akan lebih besar.

Apabila melakukan aktivitas dengan pakaian lengkap tetapi menempelkan kelamin, perlu dijelaskan lebih lanjut apakah membuka sedikit celana atau tidak. Apabila kedua kelamin bersentuhan langsung, lalu pihak pria berejakulasi, maka akan mungkin terjadi kehamilan. Apabila tidak langsung, tetapi sperma berhasil membasahi celana pihak wanita, kehamilan juga mungkin terjadi, karena berarti sperma menembus celana pihak pria. 

Oleh karena itu, apabila nantinya ada keterlambatan haid, sebaiknya sarankan kepada pasangan Anda untuk melakukan testpack atau USG di dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Apabila positif, maka jagalah kehamilan baik-baik, dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, tidur cukup, dan mengendalikan tingkat stres.

Tetapi apabila negatif dan Anda memang tidak ingin terjadi kehamilan, sebaiknya gunakan kontrasepsi seperti kondom, pil, atau suntik. Namun, apabila tidak ingin hamil karena belum menikah, sebaiknya hindari melakukan aktivitas seksual. Lakukanlah kegiatan yang lebih positif misalnya saling bertukar pikiran, atau melakukan hobi seperti berolahraga atau bermain musik. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Melahirkan di air dapat mempercepat kelahiran, tetapi tidak lepas dari risiko-risiko tertentu

Ketahui Hal Ini Sebelum Menjalani Persalinan Water Birth

Melahirkan di air (water birth) memiliki banyak manfaat, seperti mempercepat kelahiran dan mengurangi rasa sakit. Namun, jika Anda mengalami dibetes, posisi bayi sungsang, dan infeksi sebaiknya tidak melakukan water birth.