03 Aug 2020, 07:25Penyakit Lainnya

Sering terlambat haid di usia baru 17 tahun

EK
Info Penanya: EK0
Assalamualaikum dok mau tanya kenapa saya tiap bulannya selalu telat haid umur saya 17tahun kadang telat 3bulan 1bulan kenapa ya dok apakah ada penyebabnya? Padahal saya tidak pernah berhubungan seks apalah itu karena ya saya sangat menjaganya tapi kenapa tiap bulannya tidak pernah teratur bantu saya dok terimaka:)
8143 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam EK,Haid yang tidak teratur adalah keluhan yang bisa terjadi baik pada mereka yang sudah menikah ataupun belum. Terlambat haid sendiri tidak selalu berkaitan dengan aktivitas seksual, tidak jarang kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari yang bisa menyebabkan siklus menstruasi menjadi terganggu. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan terlambat haid atau siklus menstruasi tidak teratur diantaranya adalah:
  • Gaya hidup yang kurang sehat seperti sering begadang, pola makan yang kurang baik, kurang aktivitas fisik
  • Masalah berat badan seperti mengalami obesitas, melakukan diet ketat sehingga berat badan turun drastis
  • Memiliki masalah psikologis seperti sering stres, sering banyak pikiran, mudah cemas
  • Memiliki riwayat penyakit lain seperti gangguan tiroid
  • Riwayat mengonsumsi obat tertentu
Jadi perlu diperhatikan ada tidaknya faktor-faktor tersebut yang dialami yang bisa membuat siklus menstruasi tidak teratur. Apabila tidak ada dan sudah memperbaiki gaya hidup menjadi lebih baik tapi masih sering mengalami terlambat menstruasi, maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan.Pemeriksaan perlu dilakukan karena bisa ada gangguan menstruasi akibat masalah pada organ kewanitaan atau pada organ reproduksi yang jadi penyebabnya, misalnya apabila ada kista, PCOS ataupun ada tumor jinak/miom. Nantinya akan dilakukan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya jika ada masalah tersebut. Jadi ceritakan pada orang tua jika sering kali siklus haidnya lebih cepat dari 21 hari ataupun lebih lambat dari 35 hari ya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil