Terlambat haid apa saja penyebabnya?

DN Info Penanya: DN, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau tanya , 7 juni saya berhubungan dengan suami saya lalu 25juni saya mens , tapi dibulan juli sampai sekarang saya belum mens , apa kemungkinan bisa hamil dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DN,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Siklus menstruasi wanita memang tidak bisa dipastikan selalu datang sama setiap bulannya. Setiap wanita memiliki siklus menstruasinya sendiri-sendiri. Rata-rata siklus menstruasi wanita akan datang setiap 21-35 hari setiap bulannya. Namun ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan menstruasi tidak datang tepat waktu setiap bulannya.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan menstruasi terlambat :

  • Terjadinya kehamilan
  • Gangguan hormonal
  • Gangguan tiroid
  • Diet ketat atau kelebihan berat badan
  • Lelah fisik atau stres
  • Penyakit tertentu seperti miom, kista, dll

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, jika siklus menstruasi Anda normal, dan bulan berikutnya Anda terlambat haid, sebaiknya lakukan pemeriksaan testpack untuk memastikannya. Jika hingga 1 bulan Anda tidak kunjung haid dan testpack menunjukan hasil negatif, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

Untuk menjaga agar siklus menstruasi Anda datang teratur sebaiknya, terapkan pola hidup sehat, makan makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, cukupi kebutuhan air putih minimal 2-3 liter / hari, olahraga teratur minimal 3-4 kali / minggu, pertahankan berat badan ideal, hindari rokok dan minum alkohol.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara agar perempuan PCOS bisa hamil adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal

Adakah Kemungkinan Perempuan dengan PCOS Bisa Hamil?

PCOS atau sindrom polikistik ovarium terjadi karena ketidakseimbangan hormon.Perempuan dengan PCOS bisa hamil asal tahu betul bagaimana menjaga berat badan serta menghindari kemungkinan komplikasi.