Kalau sudah KB apa masih bisa hamil?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Sore dok mau tanya saya melahirkan sudah 9 bln yg lalu waktu anak usia 6bln sya berhubungan dgn suami.. baru 1x selang 1bln saya kb dan stelah kb berjalan 1 bln saya mens yg jdi pertanyaanya apakah hubungan sekali itu ada kmungkinan sya kesundulan ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SU,

KB adalah metode kontrasepsi yang dipakai untuk mencegah kehamilan dan perlu dipakai secara rutin. Dan tentunya baik pil KB, suntik KB, atau implan membutuhkan waktu untuk dapat bereaksi mencegah kehamilan, berbeda dengan obat pereda demam yang bisa langsung menurunkan demam beberapa menit setelah obat diminum. KB ini membutuhkan waktu sekitar 1 minggu untuk dapat bekerja.

Sedangkan bila Anda berhubungan seksual kemudian memakai KB, dan jarak 1 bulan kemudian sudah haid, maka tentunya tidak mungkin terjadi kehamilan bila Anda haid. Karena dengan keluarnya haid merupakan tanda bahwa tidak ada proses pembuahan, sehinggan lapisan rahim luruh dan keluar sebagai darah haid.

Bila Anda tidak yakin, maka bisa lakukan tes pack, tapi kemungkinan besar akan negatif, karena Anda sudah haid yang menandakan tidak hamil. Dan Anda perlu ketahui bahwa metode KB jenis apapun bisa menimbulkan efek samping berupa gangguan siklus haid, mulai dari silklusnya maju mundur, hingga tidak haid samasekali.

Pastikan untuk menggunakan KB secara teratur dan gunakan kondom bila Anda lupa dan melewatkan jadwal KB Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penting untuk mengingat kapan penggunaan KB dipasang untuk mencegah pakai KB implan bisa hamil

Mungkinkah Sudah Pakai KB Implan Masih Bisa Hamil?

Pakai KB implan bisa hamil, mungkinkah terjadi? KB implan dianggap ampuh untuk menunda atau mencegah kehamilan. Tapi, kalau tidak sedang haid, apakah selalu tanda hamil?