Sudah terlambat haid selama lima bulan

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Hallo dok , umur saya 19 tahun , saya telat haid sudah 5 bulan , terakhir haid bulan februari , itu knpa yahh dok ? Gimna caranya melancarkan haid kembali ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang D,

Terlambat haid normalnya adalah 5-7 hari, hal ini bisa terjadi karena perubahan hormonal tubuh ataupun faktor lainnya. Apabila terlambat haid terjadi lebih dari 3 bulan, kondisi ini disebut dengan amenorrhea. Amenorrhea sendiri bisa terjadi apabila 90 hari berturut-turut tidak haid dan bisa berlangsung berbulan-bulan sampai tahunan.

Penyebab tidak haid lima bulan

Penyebab amenorrhea sendiri diantaranya adalah:

  • Gaya hidup seperti kurang tidur, aktivitas fisik berat, stres, gangguan pola makan
  • Masalah hormonal
  • Masalah berat badan seperti berat badan berlebih ataupun penurunan berat badan yang drastis dan cepat
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Penggunaan obat
  • Adanya gangguan organ reproduksi, bisa ada kista, mioma uteri, sindrom polikistik ovarium
  • Kehamilan

Apabila sebelumnya ada riwayat hubungan seksual bisa coba dilakukan pemeriksaan tes kehamilan untuk tau apakah penyebabnya hamil atau bukan. Jika tidak ada riwayat hubungan seksual sebelumnya, maka sebaiknya bisa dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Amenorea sendiri bisa coba diatasi dengan melakukan perbaikan keseharian seperti menjaga gaya hidup sehat, olahraga teratur, tidur dengan cukup, menjaga berat badan ideal, kelola kondisi psikologis dengan baik. Masalah menstruasi sendiri jika tidak juga teratasi dapat ditangani dengan terapi hormonal dan penanganan lain sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Jadi baiknya bisa segera diperiksakan ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi lama bisa disebabkan oleh pemasangan alat KB spiral

Menstruasi Lama? Ini 10 Alasan Penyebabnya, Kanker Salah Satunya!

Menstruasi yang berlangsung lama mungkin hanya merupakan gangguan hormon. Namun, ada 10 kondisi lain yang menyebabkan wanita mengalami menstruasi lama, salah satunya pemasangan alat KB spiral.