Telat haid 2 minggu disertai berbagai gejala, apakah tanda hamil ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 19 Tahun
Assalamualaikum Dok saya mau tanya . Saya kan udah telat haid 2minggu . Cuma saya gamerasa kaya ada datang tanda hamil. Saya mual engga begitu parah . Pipis kaya biasanya. Apakah itu hamil apa bukan ya dok soalnya gakeluar bercak darah. Apakah tidak keluar bercak darah saat telat haid itu tidak hamil? Sama puting susu sakit gitu dok kenapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S.

Telat haid merupakan salah satu tanda awal kehamilan namun tidak mutlak pasalnya gangguan haid tersebuut bisa disebabkan juga karena berbagai faktor lainnya. Faktor-faktor tersebut berhubungan dengan hormon pengatur siklus menstruasi. Umumnya telah terjadi ketidakseimbangan yang kemudian berdampak pada gangguan haid berupa keterlambatan dan lain-lainnya. 

Beberapa faktor penyebab gangguan haid tersebut, diantaranya adalah :

  • konsumsi obat tertentu seperti Pil KB 
  • kegemukan atau terlalu kurus
  • kelelahan
  • stres, kecemasan serta kondisi mental atau emosional tak stabil lainnya
  • kondisi medis tertentu dan penyakit tertentu seperti sindroma polikistik ovarium, kista ovarium, penyakit pada kelanjar tiroid dan lain-lainnya

Perihal telah haid Anda yang disertai berbagai gejala bisa jadi berupa gejala pra menstrual. Namun demikian, karena masih belum dapat dipastikan, ada baiknya melakukan test pack.

Adapun tanda awal kehamilan lainnya yang berupa :

  • morning sickness
  • perubahan pada payudara
  • munculnya kram perut disertai flek
  • timbulnya keputihan

Untuk Anda yang telah telat haid selama dua minggu, test pack umumnya sudah dapat dilakukan dengan efektif dan dapat diulang kembali satu minggu kemudian untuk hasil yang lebih akurat, jika memang haid masih tidak kunjung datang. Namun jika hasil test pack negatif dan Anda tidak kunjung haid selama dua siklus, ada baiknya untuk diperiksakan secara langsung kepada dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Siklus Menstruasi yang Normal dan Membedakannya dengan yang Tidak Normal

Mengetahui siklus menstruasi tidak cuma membantu merencanakan kehamilan, tapi juga mengantisipasi gangguan kesehatan. Siklus menstruasi normal itu seperti apa?