Sariawan di rongga mulut, apa penyebabnya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 28 Tahun
Saya mau tanya ..saya ada luka di mulut bagian belakang dekat gigi geraham kya sariawan ada warna putihnya sakit sekali klo itu suka sakit ke pundak sama tangan jadi pegal ..itu knpa ua ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SU.

Sariawan adalah luka kecil yang bisa terjadi di bagian rongga mulut mana saja, baik bibir, lidah, maupun dalam pipi. Luka ini biasanya menimbulkan rasa nyeri, sehingga membuat rasa tidak nyaman pada saat mengunyah makanan. Luka biasanya berwarna putih atau kuning, dengan tepi berwarna merah.

Penyebab sariawab bervariasi, di antaranya:

  • Cedera pada mulut, misalnya tergigit saat mengunyah makanan, atau tergores makanan keras
  • Mengonsumsi makanan yang sensitif, misalnya cokelat atau keju
  • Menggunakan pasta gigi atau mouthwash yang memiliki kandungan SLS
  • Defisiensi zat gizi seperti zinc atau vitamin B12
  • Perubahan hormon tubuh
  • Kondisi stres

Pada umumnya, sariawan akan sembuh dengan sendirinya. Jarang sekali ada sariawan yang menyebabkan komplikasi. Tetapi, apabila sariawan bertambah besar atau tidak menghilang dalam waktu lebih dari tiga minggu, periksakan segera ke dokter gigi agar mendapatkan terapi obat-obatan yang sesuai.

Lalu terkait nyeri yang menjalar ke bahu dan tangan, kemungkinan besar hal tersebut bukan disebabkan sariawan, tetapi penyakit yang berbeda. Bisa jadi ada gigi berlubang yang sarafnya terhubung ke bahu dan tangan, maupun penyebab lainnya seperti kram otot.

Untuk sementara, Anda dapat mencoba mengonsumsi makanan sehat, terutama yang tinggi vitamin B seperti alpukat. Kunyah makanan secara perlahan agar tidak menggores rongga mulut maupun tergigit tidak sengaja. Gunakan pasta gigi dan obat kumur yang rendah bahan kimia, dan sikatlah gigi secara teratur. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit seperti diabetes dan naiknya asam lambung bisa membuat mulut terasa pahit

Secara Medis, Ini Alasan Mulut Terasa Pahit

Mulut terasa pahit atau lidah terasa pahit bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, mulai dari naiknya asam lambung hingga efek obat. Kondisi ini juga disebut dengan dyegeusia.