Jari tengah tiba-tiba sakit ketika diluruskan

SU Info Penanya: SU, Wanita, 20 Tahun
Dokter saya mau bertanya kenapa bisa jari tengah tangan kanan tiba tiba sakit dan nyeri lalu ketika akan di luruskan jari nya terasa sakit ? Tidak ada mengangkat beban yang berat2 dok. Mohon pencerahan nya ya dokterTerimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Nyeri pada jari merupakan sensasi tidak nyaman yang dirasakan pada jari. Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama aktivitas yang menggunakan tangan seperti mengetik, menulis, menggenggam, dan lain-lain. Biasanya, kondisi ini merupakan kondisi yang tidak berbahaya. Tetapi, ada juga beberapa penyebab yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami nyeri pada jari adalah:

  • Kekurangan vitamin B kompleks
  • Terlalu sering menggunakan jari untuk mengetik, sehingga terjadi kekakuan otot
  • Osteoarthritis atau peradangan pada sendi jari
  • Tingginya kadar asam urat di dalam darah
  • Adanya luka pada jari
  • Patah tulang jari

Untuk sementara, Anda dapat mencoba mengistirahatkan jari Anda terlebih dahulu. Konsumsi makanan yang bergizi, perbanyak beberapa jenis sayur (brokoli, kembang kol, selada, bayam dan sayuran rendah purin lainnya). Hindari dulu seafood dan makanan tinggi purin, ya. Jika dibutuhkan, Anda dapat mengonsumsi suplementasi B kompleks yang dijual bebas di apotek.

Jika tak kunjung membaik, segera periksakan kepada dokter spesialis ortopedi, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti misalnya laboratorium dan rontgen tangan. Dengan demikian, dokter akan mengetahui penyebab yang sesuai, dan memberikan saran atau obat-obatan yang tepat. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benjolan di pergelangan tangan dapat disebabkan oleh tumor ganas, hati-hati!

9 Penyebab Benjolan di Pergelangan Tangan yang Perlu Diwaspadai

Benjolan di tangan dapat disebebkan oleh berbagai macam penyakit, mulai dari yang serius maupun ringan. Memahaminya dapat membantu Anda mendapatkan pengobatan terbaiknya.