Terlambat haid, sudah terasa nyeri perut dan payudara seperti mau haid

I Info Penanya: I
Dok haid terakhir tanggal 4 sampai 7 juni, itu juga mundur beberapa hari, dan sekarang belum haid kembali, tapi saat tanggal 28 juni kaya ngerasa perut sama payudara nyeri seperti mau haid, tapi sampek sekarang belum haid juga. Kira kira kenapa yah dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi I,

Nyeri payudara dan nyeri perut adalah salah satu gejala yang bisa timbul saat terjadi perubahan hormonal, baik saat terjadi premenstrual sindrom ataupun tanda kehamilan. Apabila setelah haid terakhir ada riwayat melakukan hubungan seksual maka bisa coba melakukan tes kehamilan dulu jika belum juga haid.

Penyebab terlambat haid

Selain karena hamil, terlambat haid sendiri bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti misalnya:

  • Terjadi perubahan hormonal tubuh
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Mengalami masalah di organ reproduksi seperti terdapat PCOS, kista, tumor jinak atau mioma uteri
  • Terjadi perubahan berat badan yang bisa drastis
  • Ada tekanan mental seperti stres
  • Fisik yang kelelahan

Jadi untuk membantu melancarkan kembali haid, bisa coba perbaiki kesehariannya. Apabila nantinya dilakukan testpack dan hasilnya negatif atau jika tidak ada riwayat aktivitas seksual sebelumnya maka bisa perbaiki keseharian dengan tidur 7-8 jam sehari, menjaga kesehatan mental dengan mengatasi beban pikiran yang terjadi, melakukan olahraga secara teratur, menjaga asupan makan, dan juga bisa menggunakan langkah alternatif tambahan seperti menggunakan bahan-bahan alami, misalnya kunyit, jahe, kayu manis, cuka apel ataupun bisa mengonsumsi nanas untuk memabntu melancarkan haid.

Jika sampai beberapa bulan atau tepatnya lebih dari 90 hari nanti masih tidak juga ada perdarahan menstruasi, perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan dan juga langkah penanganan lebih lanjut sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Siklus Menstruasi yang Normal dan Membedakannya dengan yang Tidak Normal

Mengetahui siklus menstruasi tidak cuma membantu merencanakan kehamilan, tapi juga mengantisipasi gangguan kesehatan. Siklus menstruasi normal itu seperti apa?