07 Jun 2020, 22:07Penyakit Lainnya

Onani berlebihan apakah bisa menimbulkan kemandulan ?

RD
Info Penanya: RD0
Selamat malam dok mohon maaf saya mau bertanya , apakah sering onani bakal menimbulkan kemandulan ? Soalnnya pada saat terakhir kali keluar sperma nya malah kaya leleh ga nyembur gitu , artinya apa ya dok ? Terima kasih selamat malam
26878 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, RDP.Onani atau masturbasi merupakan aktivitas seksual yang dilakukan dengan memberikan rangsangan pada alat kelamin sendiri melalui sentuhan dan pijatan hingga mencapai orgasme atau klimaks yang ditandai dengan pengeluaran sperma atau ejakulasi. Adapun masturbasi yang dilakukan dengan bantuan alat seks. Umumnya masturbasi seringkali dilakukan kaum pria, namun wanita pun dapat melakukan masturbasi.Melalui sudut pandang medis, masturbasi memiliki manfaat, tetapi jika dilakukan berlebihan, terdapat efek samping yang bisa ditimbulkan.

Efek samping dari masturbasi ataupun onani pada pria yang dilakukan secara berlebihan, antara lainnya ialah :

  • iritasi yang menyebabkan luka lecet
  • nyeri pada alat kelamin
  • memicu terjadinya penyakit peyronie pada pria
  • menurunkan sensitifitas alat kelamin
  • dapat mengakibatkan ejakulasi tertunda
  • penis patah
  • menimbulkan kecanduan
Mengenai keluhan yang Anda alami, mungkin terjadi karena onani berulang yang dilakukan dalam waktu yang terlalu dekat sehingga sperma sudah dikeluarkan tanpa memiliki waktu yang cukup untuk menjadi matang terlebih dahulu. Untuk itu, ada baiknya Anda membatasi kegiatan onani agar tidak berlebihan dan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan seperti yang telah dipaparkan diatas.Sedangkan untuk kemandulan, pada dasarnya melalui penelitian tidak ditemukan korelasi langsung antara onani berlebihan dengan kemandulan. Kemandulan seorang pria terjadi karena gangguan pada kualitas dan kuantitas sperma. Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kualiltas sperma, seperti faktor genetik dan pola hidup. Sementara ini, ada baiknya Anda mencoba mengatasi keluhan onani berlebih Anda dengan tips berikut.Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi secara langsung kepada dokter Spesialis Andrologi.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
kelamin laki-lakimasturbasireproduksi pria
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil