24 May 2020, 20:20Penyakit Lainnya

Sesak napas apa akibat stres?

MG
Info Penanya: MG0
Malam dok,saya mau bertanya,gini dok sya batuk sktr 5 hari d minggu pertama,stlh minm obt minggu ke 2 sembuh.nah skrg batuk lagi,batuk kering keras,agak sdkt berlendir,dan skrg udah brpa hari trasa sesak nfas.udah minm obt sprti OBH&sjnisnya tpi kaya blm ada perubahn.sya tdk dri bepergian,drmh aja kok dok,jujur fkran tak karuan,tkut,khwatir dok aplgi d tengah pandemi covid 19 sprti ini.mohon saran,tanggapan penjelasn&kira"skit apa,obt apa yg hrus sya minum agar cpt sembuh dri btuk&sesak.trims?
16370 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang MG,Sesak napas adalah sensasi yang muncul seperti susah menarik napas, napas tidak longgar, atau dada terasa berat yang bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Penyebab sesak napas.

Beberapa penyebab sesak napas dari yang ringan hingga yang berat:
  • GERD. Gangguan di mana asam lambung naik ke tenggorokan sehingga akan muncul rasa dada panas, napas tidak longgar, dada seperti ditindih beban berat.
  • Infeksi paru seperti pneumonia bakterial, TBC, atau corona. Batuk yang tidak sembuh-sembuh akan menyebabkan infeksi semakin berkembang biak di dalam paru-paru sehingga muncul keluhan sesak napas yang sering didampingi dengan demam tinggi.
  • Faktor stres atau cemas berlebihan. Adanya kecemasan akan suatu hal misal karena pandemi corona bisa menyebabkan produksi asam lambung semakin meningkat sehingga muncul GERD. Selain itu adanya stres akan menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan memunculkan gejala-gejala penyakit yang tidak jelas penyebabnya.

Tips mengatasi sesak napas.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan Anda adalah:
  • Hindari makanan asam, kopi, soda, alkohol.
  • Jaga pikiran Anda, jangan cemas berlebihan. Bila Anda cemas dengan pemberitaan corona sebaiknya batasi menonton tayangan tersebut yang penting jalankan pola hidup sehat dan tetap di rumah kecuali ada keperluan mendesak.
  • Minum air putih yang banyak untuk mengencerkan dahak.
  • Hindari gorengan dan pedas agar tidak merangsang batuk.
  • Lakukan olahraga ringan 30 menit setiap hari.
  • Berjemur saat pagi hari selama 15 menit.
  • Minum obat glyceryl guaiakolat untuk batuk berdahak Anda.
Bila sesak dirasakan semakin berat, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk memastikan kondisi paru-paru Anda. Gunakan masker ketika berpergian.Salam sehat,dr. Vina
stressesak napascoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil