Apa bisa menggunakan BPJS bila belum menikah?

RM Info Penanya: RM, Wanita
Dok kan saya ingin melahirkan menggunakan bpjs, dan bpjs memiliki persyaratan yaitu ktp suami istri dan kk, sedangkan saya belum menikah dan kk masih ikut ortu dan tidak punya ktp suami. Permasalahanya adalah apakah saya masih bisa ikut bpjs? Dan bagaimana surat keterangan lahir anak saya nanti? Tolong dijawab dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RM,

BPJS adalah fasilitas kesehatan yang diberikan oleh pemerintah untuk meringankan biaya berobat dan mencakup hampir semua penyakit bisa menggunakan BPJS termasuk prosedur melahirkan selama mengikuti persyaratan yang berlaku.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi bila ingin menggunakan fasilitas BPJS adalah:

  • Kartu BPJS masih aktif dalam artian rutin membayar iuran setiap bulan. Namun ada kartu BPJS yang iurannya ditanggung oleh pemerintah.
  • Kartu keluarga.
  • KTP.
  • Surat rujukan dari puskesmas bila melakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit.
  • Kartu menikah.
  • Buku kesehatan ibu anak.

Bila status Anda belum menikah maka tentu saja tidak bisa menggunakan fasilitas BPJS, namun Anda bisa menanyakan perihal jaminan melahirkan yang disebut dengan jampersal. Untuk status anak Anda nantinya hanya berupa surat lahir dilahirkan dari seorang ibu, tanpa ada nama ayahnya.

Sebaiknya Anda segera menyelesaikan status pernikahan Anda bila tetap ingin menggunakan fasilitas BPJS untuk melahirkan.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keluarnya cairan menyerupai keputihan pascamelahirkan dapat menyebabkan masalah perkemihan

Lokia, Cairan Vagina yang Keluar Setelah Melahirkan

Lokia adalah keluarnya cairan dari vagina menyerupai keputihan setelah menjalani proses melahirkan. Cara mengatasinya dengan pembalut khusus untuk masa nifas.