Apa penyebab terlambat haid?

W1 Info Penanya: W1, Wanita, 22 Tahun
Mau tanya, bulan 3 tanggal 29 melakukan bulan 4 tanggal 4 haid, tapi tidak melakukan. Sekarang bulan 5 belum haid mengapa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang W,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Telat haid, telat datang bulan, atau terlambat haid adalah kondisi yang terjadi ketika Anda melewatkan satu atau lebih siklus menstruasi. Siklus menstruasi yang normal biasanya setiap 21-35 hari sekali.

Beberapa penyebab haid terlambat :

Berdasarkan keterangan yang Anda sebutkan kemungkinan untuk hamil kecil atau tidak ada ya, karena sebulan sebelumnya Anda mengalami menstruasi dan tidak melakukan hubungan lagi. Namun jika Anda khawatir, Anda bisa melakukan testpack untuk memastikannya. Jika hingga 2 bulan Anda tidak kunjung menstruasi sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan untuk mencari tau penyebab pasti dari terlambatnya menstruasi Anda.

Untuk sekarang sebaiknya hindari aktivitas fisik dengan intensitas berat, konsumsi makanan bernutrisi tinggi, lakukan rileksasi dengan cara meditasi atau melakukan berbagai hal-hal yang Anda sukai, menerapkan pola hidup sehat.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.