Batuk dan flu seminggu tidak kunjung sembuh, bagaimana mengatasinya ?

YN Info Penanya: YN
Dok sudah seminggu saya batuk dan flu saya sudah berobat tapi belum sembuh juga gimana dok cara atasinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, YN.

Batuk adalah respon alami tubuh saat ada zat atau benda asing tersangkut di saluran pernapasan, tenggorokan hingga kerongkongan. Untuk kasus batuk yang ringan, umumnya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk kembali pulih. Akan tetapi ada pula kasus batuk yang lebih parah akibat adanya infeksi tertentu seperti bakteri maupun virus di saluran pernapasan atas maupun organ pernapasan seperti paru-paru.

Sedangkan flu atau influenza merupakan infeksi virus yang terjadi pada sistem pernapasan dari mulai hidung, tenggorokan hingga paru-paru. Serupa dengan batuk, flu yang ringan dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi adapun flu yang lebih berat dan mengakibatkan komplikasi tertentu.

Mengenai keluhan yang Anda alami, batuk dan flu dapat berlangsung bersamaan dan mungkin disebabkan oleh infeksi yang sama atupun berbeda yakni virus dan bakteri. Untuk waktu 1 minggu umumnya masih dalam batas yang wajar dan mungkin berhubungan dengan daya tahan tubuh Anda yang sedang menurun ataupun infeksi yang masih belum tertangani dengan tuntas oleh pengobatan yang telah Anda jalani sebelumnya.

Berikut cara mengatasi batuk dan flu yang dapat Anda lakukan di rumah, diantaranya adalah :

  • konsumsi air rebusan jahe, perasan lemon dan sedikit madu murni
  • menghirup minyak esensial peppermint
  • mandi dengan air hangat dan menghirup uap air panas
  • konsumsi makanan sumber vitamin C ataupun tambahan suplemen jika diperlukan
  • konsumsi obat yang sesuai dengan janis batuk (berdahak atau kering) dan keluhan flu yang dialami (hidung tersumbat atau beringus)

Jika keluhan masih tidak kunjung membaik, Anda perlu untuk memeriksakan diri kembali untuk mendapat terapi yang lebih intensif.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berkumur air garam dapat dijadikan sebagai cara mengatasi batuk kering yang mengganggu

7 Cara Mengatasi Batuk Kering dengan Bahan Alami

Cara mengatasi batuk kering tidak harus selalu menggunakan obat di apotek, terdapat beberapa alternatif dengan bahan alami yang dapat digunakan. Salah satunya berkumur menggunakan air garam juga dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi batuk kering.