Apa penyebab sakit pinggang sebelah kanan disertai sakit saat kencing?

O Info Penanya: O
sudah 3 hari ini klu kencing sakit sekal ditambah pinggang sebelah kanan sakit,kata orang saya terkena batu ginjal,benarkah Dok... apakah benar saya terkena penyakit batu ginjal,bagaimana solusinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi O,

Nyeri pinggang adalah keluhan yang bisa timbul baik karena gangguan pada tulang belakang, gangguan otot, ataupun bisa karena gangguan organ di dalam seperti gangguan ginjal. Ganggguan ginjal sendiri bisa berupa infeksi saluran kemih yang tidak teratasi, batu ginjal ataupun infeksi pada ginjal dan penyakit ginjal lainnya.

Jika ada keluhan nyeri pinggang, nyeri saat buang air kecil apalagi disertai demam maka ada baiknya dilakukan pemeriksaan. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, tes urine, foto rontgen, ataupun USG untuk menilai apa yang menjadi penyebabnya.

Jika ada infeksi maka akan dilakukan pengobatan baik dengan pemberian antibiotik dan penanganan gejala yang timbul. Tetapi jika ada batu maka penanganan akan disesuaikan dengan jenis dan ukuran batu. Jika masih relatif kecil akan diberikan pengobatan tetapi jika cukup besar akan memerlukan tindakan medis.

Sementara bisa mengonsumsi paracetamol untuk mengurangi nyeri, perbanyak minum air putih dan hindari menahan keinginan berkemih. Jika keluhan nyeri hebat secara mendadak maka baiknya perlu segera diperiksakan pada dokter ataupun dokter urologi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pielonefritis atau infeksi ginjal rentan dialami oleh perempuan karena saluran uretra yang lebih pendek sehingga bakteri mudah masuk

Pielonefritis, Infeksi Ginjal yang Membuat Buang Air Kecil Terasa Menyiksa

Pielonefritis adalah infeksi ginjal yang harus diwaspadai. Bila infeksi ginjal ini dibiarkan tanpa pengobatan, maka akan rentan menyebabkan komplikasi.