18 Feb 2021, 16:17Kandungan

Apakah telat suntik KB 1 bulan dapat menyebabkan kehamilan ?

DP
Info Penanya: DP0
Dok saya mau bertanya, saya kan pkai kb suntik yg 1 bulan,, blan kmaren d suntik tanggl 19 januari dan kembali bulan ini tanggl 17 februari. Di karnakan saya lupa saya kembali nya tanggl 18 fbruari jdi telat 1 hri dok . Nah di tanggl 17 nya itu sya berhubunga intim.. Apakah ada kemungkinan saya hamil dok???
403 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, D.Salah satu alat kontrasepsi yang dapat dipilih oleh wanita untuk mencegah terjadinya kehamilan adalah suntik KB. Suntik KB terbagi 2 yaitu suntik KB 1 bulan yang mengandung kombinasi hormon esterogen dan progestereon dimana kombinasi hormon ini membuat wanita tetap haid dan mengurangi rasa nyeri saat premenstrual syndrome (PMS) berlangsung. Selain itu suntik KB 3 bulan juga banyak dipilih karena jangka waktu suntik yang lebih panjang.

Apakah telat suntik KB 1 bulan dapat menyebabkan kehamilan ?

Walau seorang wanita suntik KB dalam waktu yang telah ditentukan, menggunakan KB suntik 1 bulan tidak dapat mencegah pembuahan seutuhnya, kemungkinan kehamilan tetap dapat terjadi dengan kemungkinan yang kecil, terlebih Anda telat suntik KB dan melakukan hubungan seksual. Melakukan hubungan seksual saat suntik KB juga sebaiknya diberikan jarak selama 1 minggu agar hormon yang ada dapat berkerja secara optimal dalam mencegah kehamilan. Anda atau pasangan dapat menggunakan alat kontrasepsi tambahan seperti kondom.Jika setelah suntik KB 1 bulan Anda tidak kunjung datang menstruasi terlebih jika ada keluhan seperti mual dan muntah saat menjelang pagi hari, badan terasa lemas, perut terasa keram, muncul flek kecoklatan dan rasa kencang di payudara, lakukan pemeriksaan di dokter spesialis kandungan. Buat pengingat agar tidak terlewat jadwal suntik KB kembali.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil