Apakah bisa hamil jika sperma menyentuh bibir vagina?

L Info Penanya: L
Dok saya mau tanya kalo spermah menyentuh bibir vagina terus di bersihkan makai tisu apakah bisa hamil dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam L,

Kehamilan adalah berhasilnya sel telur dibuahi oleh sel sperma. Pertemuan sel sperma dengan sel telur sendiri bisa terjadi akibat hubungan seksual ataupun karena sperma yang masuk ke dalam vagina baik karena proses buatan ataupun kegiatan lain, salah satunya adalah ketika melakukan petting.

Apabila melakukan petting dan terjadi ejakulasi sperma di area sekitar kelamin, dapat tidak sengaja masuk baik karena terdorong tangan, cairan jatuh kedalam vagina dan lainnya maka kemungkinan untuk hamil ada meskipun kecil.

Untuk itu apabila tidak sengaja ada sperma keluar disekitar vagina dan langsung dibersihkan maka perhatikan siklus menstruasi berikutnya. Apabila belum siap hamil ataupun menanggung akibat dari kehamilan, ada baiknya menghindari aktivitas seksual yang bisa menjurus dan berisiko pada terjadinya kehamilan. Gunakan juga kontrasepsi seperti:

  • Kondom
  • Pil KB

Apabila terjadi keterlambatan haid, bisa coba periksakan dengan pemeriksaan testpack. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

RIsiko kehamilan saat Anda berusia di atas 35 tahun ke atas memang lebih besar, tapi tak perlu ditakutkan.

Meghan Markle Melahirkan, Hamil di Atas Usia 35 Tahun Bisa Tetap Sehat

Jika seorang wanita hamil saat berusia di atas 35 tahun, maka kondisi tersebut bisa disebut sebagai kehamilan risiko tinggi. Meski begitu, kehamilan tetap bisa dijalani dengan sehat asalkan ibu menjalani pola hidup sehat.