Haid tidak lancar pasca operasi caesar

AR Info Penanya: AR, Pria, 1 Tahun
Hallo doc,saya habis cesar sudah melewati masa nifas,berjarak 3 bln baru haid lagi dan haid ke 2 x ny ini kluarnya tidak lancar dan menggumpal,terasa sakit di bagian bawah perut,untuk BAB,kentut jg sakit bagaimana solusinya dok????
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AR,

Keluhan yang dialami bisa tidak saling berkaitan dimana haid atau menstruasi yang tidak lancar bisa disebabkan karena perubahan hormonal pasca mengandung dan melahirkan.

Untuk itu bisa diatasi dengan memperbaiki pola istirahat, perbaiki asupan makanan, dan juga menjaga agar tidak banyak beban pikiran. Bisa membantu melancarkan haid dengan mengonsumsi bahan alami seperti kunyit, jahe, kayu manis ataupun juga sesekali mengonsumsi nanas.

Sedangkan untuk masalah sakit perut bawah sendiri bisa beragam penyebabnya seperti:

  • Konstipasi
  • Iritasi usus
  • Infeksi saluran pencernaan
  • Kram otot
  • Penyebab lainnya

Untuk membantu mengurangi gejala yang timbul bisa dibantu dengan memperbanyak asupan serat seperti buah dan sayur, perbanyak minum air putih, hindari mengejan jika sulit buang air besar, gunakan pencahar seperti sirup laktulosa untuk membantu melancarkan dan melunakan tinja.

Apabila tetap terasa nyeri, BAB kurang dari 2 kali dalam seminggu, ada BAB disertai darah, ataupun nyeri perut hebat, segera periksakan diri pada dokter agar dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena terkait dengan proses reproduksi

Pentingnya Peran dan Fungsi Endometrium dalam Tubuh Wanita

Tahukah Anda bahwa peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena berkaitan erat dengan proses reproduksi? Baca selengkapnya di sini!