Apakah hasil testpack samar menandakan positif hamil?

FA Info Penanya: FA
Slmat pagi dok . dok saya mau tanya istri saya telat haid baru 3hari, pas dicek pakai test pack kok hasilnya positif tp garis samar. Setelah itu kata istri saya tiba² jelang 3 jam dpt haid dok. Tp itu hasil Test packnya positif. Apa istri saya hamil dok?" dan skrang istri saya masih dapet haid udah 3 hari dari tanghal 13 janwari dok . Mohon di jawab dok . Trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, F.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Testpack merupakan alat yang sudah beredar di pasaran dan sering digunakan untuk mengetahui apakah seseorang hamil atau tidak. Cara kerja alat ini adalah dengan mendeteksi apakah ada hormon HCG (human chorionic gonadotropin) lewat air seni. Waktu yang tepat menggunakan testpack adalah di pagi hari karena pada pagi hari konsentrasi hormon HCG tinggi. Jika terdeteksi hormon HCG di dalam tubuh seseorang, maka hasil testpack dapat berupa garis dua nyata atau garis satu, + atau -, “ya” atau “tidak”, “hamil” atau “tidak hamil”.  Biasanya yang paling sering digunakan adalah model testpack yang hasil berupa garis dua. Jika hasilnya garis dua nyata, maka sudah dapat dipastikan jika itu positif hamil. Tetapi, jika hasilnya satu garis ada yang samar, belum tentu positif hamil. Untuk memastikannya kembali, Anda bisa melakukan testpack ulang sekitar 5 hari kemudian. Atau, Anda bisa langsung melakukan pemeriksaan USG ke dokter kandungan.

Kondisi yang istri Bapak alami ini kemungkinan merupakan tanda-tanda menstruasi, bukan tanda-tanda kehamilan. Memang pada awal-awal kehamilan, akan keluar flek-flek darah dari vagina yang menunjukan seolah-olah seperti sedang haid. Tapi itu biasanya hanya berangsur beberapa hari saja dan darah yang keluar tidak banyak. Untuk itu, saya sarankan istri Anda untuk diperiksa langsung ke dokter kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan USG pada rahimnya sehingga dapat diketahui secara pasti apakah istri Anda hamil atau tidak.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Umumnya, kebutuhan vitamin ibu hamil lebih tinggi dibanding mereka yang sedang tidak menjalani kehamilan.

Berbagai Vitamin Ibu Hamil, Mulai dari Asam Folat Hingga Kalsium

Vitamin ibu hamil tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Semua harus sesuai takaran dan seimbang.