17 Feb 2021, 00:19Kandungan

Apakah menggunakan kondom pasti tidak hamil?

SA
Info Penanya: SA0
Dok saya mau bertanya,saya sering melakukan hubungan intim, dan ejakulasinya didalam tetapi saya pake kondom apakah itu bisa hamil dok
364 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, SATerima kasih atas pertanyaannya.Hubungan intim adalah salah satu media pasangan suami istri untuk meningkatkan keharmonisan rumah tangga, media komunikasi dan mempererat rasa antara suami dan istri. Kondom adalah salah satu jenis kontrasepsi non hormonal yang digunakan untuk menunda kehamilan.  Efek kerja KB kondom berkisar 85-98% dalam mencegah kehamilan dengan risiko kehamilan 2-15%.  Hal ini dapat dicegah tentunya dengan penggunaan dan pemakaian yang benar. Terkait yang anda tanyakan, penggunaan kondom tentu sudah termasuk dalam upaya mencegah kehamilan.  Risiko hamil tetap  ada karena tidak ada kontrasepsi yang 100% mencegah kehamilan, untuk itu gunakan sesuai anjuran dan pertimbangkan penggunaan kontrasepsi lain untuk memaksimalkan kerja kontrasepsi. 

Beberapa cara mencegah kebobolan pada pengguna kondom :

  • Gunakan kondom sesuai dengan ukuran kelamin.
  • Kondom dipakai saat ereksi sudah maksimal.
  • Beri ruang pada ujung kondom sebagai tempat cairan ejakulasi agar mencegah cairan ejakulasi menetes di vagina karena tidak ada ruang yang cukup.
  • Saat membeli kondom, pastikan kondisi kondom baik, tidak rusak dan kadaluarsa.
  • Hindari penyimpanan kondom pada tempat yang terpapar matahari langsung atau menyimpan di dompet karena dapat mempengaruhi efektivitas dari kondom dalam mencegah kehamilan.
Anda dan istri dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan guna pemilihan kontrasepsi tambahan agar meningkatkan kerja kontrasepsi dalam menunda kehamilanSemoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
hubungan seksualkehamilanpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil