Apakah penis yang lembab dapat menyebabkan kehamilan?

RA Info Penanya: RA, Pria, 20 Tahun
Saya ingin bertanya dok. Ketika penis masih lembab karena baru habis dikeluarkan dari kondom. Itu tidak sengaja menyentuh bibir vagina apakah berpeluang kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RA.

Ketika melepas kondom, kondisi penis memang lebih lembab daripada biasanya, karena penis sedang berlumuran sperma. Apabila sperma ini menyentuh bibir vagina, maka ada peluang kecil kehamilan, karena sperma yang menempel bisa berenang dan masuk ke dalam rahim, kemudian bertemu dengan sel telur.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk melakukan testpack apabila pasangan Anda mengalami keterlambatan haid. Menguji ada tidaknya kehamilan dengan testpack sangatlah mudah, yaitu cukup dengan mencelupkan alat tersebut ke dalam urine, lalu baca hasilnya setelah beberapa menit.

Apabila positif, jagalah kehamilan baik-baik dengan cara mengonsumsi makanan bergizi yang kaya asam folat, omega-3, kalsium, zat besi, serta vitamin dan mineral lainnya. Tetapi, apabila negatif dan Anda memang bermaksud untuk menunda kehamilan, sebaiknya hindari kejadian seperti yang Anda alami saat ini. Anda dapat melepas kondom di kamar mandi atau di tempat yang berjauhan dengan pasangan seusai berhubungan.

Atau, Anda juga dapat menyarankan agar pasangan menggunakan kontrasepsi tambahan seperti pil, suntik, implan, ataupun IUD. Masing-masing jenis kontrasepsi memiliki keuntungan dan kerugian, serta jangka waktu pakai yang berbeda. Diskusikan kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk informasi lebih lanjut, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit berjerawat adalah mitos hamil anak perempuan

Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan yang Sebenarnya Cuma Mitos

Katanya ibu hamil yang suka uring-uringan berarti ciri-ciri sedang mengandung bayi perempuan, padahal ini mitos. Jenis kelamin hanya bisa dilihat lewat USG.