02 Oct 2021, 16:55Pernapasan

Bersin dan pilek saat terkarena debu, kenapa?

AS
Info Penanya: AS0
dokter semenjak saya kerja di proyek setiap hari saya bersin-bersin dok, mata saya berair, dan terasa gatal. seperti orang pilek tapi tidak demam dok. kira-kira kenapa ya dok? mau ke dokter tapi belum sempat.. apakah debu bisa mempengaruhi dok? karena sebelumnya kalau kerja di ruangan tidak bersin-bersin gini dok. apa yang harus saya lakukan karena ini lumayan ganggu
196 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ATerima kasih atas pertanyaan AndaBersin yang disertai dengan hidung tersumbat bisa terjadi karena beberapa penyebab. Salah satunya adalah rhinitis. Rhinitis adalah kondisi yang terjadi saat adanya perdangan pada mukosa hidung. Keluhan rhinitis ini bisa dipicu oleh alergen seperti paparan debu, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, tungau dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah tanda dan gejala dari rhinitis alergi:

  • Bersin-bersin, pilek
  • Hidung tersumbat
  • Mata terasa gatal dan berair
  • Kulit di sekitar bawah mata memerah atau bahkan membengkak
  • Hidung dan tenggorokan terasa gatal
Kondisi yang terjadi pada Anda, salah satunya bisa disebabkan oleh rhinitis alergi. Tatalksana yang bisa dilakukan yaitu dengan menghindari faktor pencetus alergi seperti debu. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter spesialis THT terdekat untuk mendapatkan tataksana serta pengobatan terkait dengan rhinitis alergi yang terjadi pada Anda. Tetap konsumsi makanan bergizi, konsumsi sayur dan buah, terapkan gaya hidup bersih, hindari debu, menerapkan protokol kesehatan yang berlaku seperti menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir, dan menghindari kerumunan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
saluran pernapasanbersinrhinitis alergi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil