12 Mar 2021, 20:31Pernapasan

Apa yang menyebabkan bersin dan pilek terus menerus di malam hari ?

MI
Info Penanya: MI0
Dok saya mau bertanya, di saat malam hari saat mau tidur, kenapa hidung saya merasa seperti pilek, dan bersin bersin. Tapi di badan saya tidak merasakan panas atau lain nya. Saya sudah merasakan ini sejak lama. Mohon penjelesan nya yaa Dok
154 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, M.Tidak selamanya bersin yang terjadi merupakan tanda sebuah penyakit seperti infeksi saluran pernafasan atas. Infeksi saluran pernafasan atas sebagian besar disebabkan oleh virus influenza yang memberikan gambaran hidung tersumbat, hudung berair, disertai nyeri kepala ringan, demam tidak terlalu tinggi serta nyeri tenggorokan dan batuk. Infeksi saluran nafas dapat sembuh dengan imun tubuh yang baik meskipun tanpa obat.

Apa yang menyebabkan bersin dan pilek terus menerus di malam hari ?

Bersin merupakan reaksi tubuh yang mengeluarkan virus, partikel debu, bakteri, bulu binatang yang ikut terhirup saat manusia bernafas, dengan begitu tubuh terhindar dari berbagai penyakit yang datang menginfeksi. Selain itu keluhan bersin dan pilek yang Anda alami sejak lama terutama menjelang tidur dimalam hari dapat merupakan suatu gejala alergi akibat cuaca malam yang dingin. Mukosa hidung akan menyempit membuat Anda sulit bernafas akibat hidung yang mampet. Keluhan dapat diikuti dengan mata memerah serta hidung gatal dimana keluhan membaik saat cuaca lebih hangat maupun konsumsi obat anti alergi.Keluhan dapat bertambah parah jika imun tubuh menurun serta adanya debu, tungau, kutu pada kasur dan karpet. Untuk mengatasi keluhan yang Anda alami dengan cara meningkatkan imun tubuh, menjaga pola hidup sehat, lakukan olahraga secara rutin, makan makanan yang bergizi,  minum air putih sesuai kebutuhan, bersihkan rumah menggunakan vakum cleaner. Jika keluhan tidak kunjung membaik segera lakukan pemeriksaan di dokter spesialis THT.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
pilekinfeksi saluran pernapasanalergi dingin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil