Bersin-bersin dan batuk sampai sesak napas

MA Info Penanya: MA, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya ingin tau penjelasanmu dok..Saya ingin brtanya .sudah hampir 3thn ini saya mengalami bersin2 di saat perubahan cuaca /di saat hari mulai mendung..Nah ketika itu lah saya selalu bersin2 hingga menimbulkan batuk2 sampai sesak napas dan bersuara rik rik di tenggrokan saya..Tolong penjelasan anda dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MA,

Keluhan bersin-bersin, batuk dan juga sesak napas dapat disebabkan oleh beberapa gangguan kesehatan seperti:

  • Peradangan pada dinding hidung atau rhinitis
  • Peradangan pada saluran paru atau disebut asma yang dapat menimbulkan sesak dan juga napas berbunyi, selain itu juga sampai bisa membuat kuku dan bibir kebiruan karena kurangnya pasokan oksigen
  • Infeksi saluran pernapasan
  • Reaksi alergi
  • Penyakit paru obstruktif kronis
  • Gangguan lambung
  • Gangguan jantung

Batuk dan bersin sendiri adalah salah satu mekanisme pertahanan saluran pernapasan untuk membersihkan jika terdapat gangguan ataupun adanya kotoran didalam saluran napas. Selain itu sesak napas juga bisa menjadi salah satu tanda bahaya yang perlu mendapatkan penanganan segera terlebih jika diikuti suara napas tambahan seperti mengi atau berbunyi "ngik-ngik", kuku tampak kebiruan ataupun bibir kebiruan. 

Periksakan kondisi Anda pada dokter untuk dilakukan tes pada saluran pernapasan untuk mengetahui kondisi yang dialami. Nantinya akan dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk memastikan kondisi yang dialami seperti foto rontgen, lab darah, tes kapasitas paru atau spirometri dan pemeriksaan lain yang diperlukan. Upayakan menghindari pemicu gejala agar serangan dapat dicegah dan segera ke fasilitas kesehatan jika keluhan timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ruam di muka dapat mengindikasikan gejala alergi obat pada anak dan melibatkan sistem kekebalan tubuh anak

Mengenal Gejala Alergi Obat pada Anak dan Bedanya dengan Efek Samping

Alergi obat pada anak adalah suatu reaksi alergi yang muncul dari sistem kekebalan tubuh yang terpapar oleh obat. Gejala alergi obat biasanya seperti ruam, gatal, hingga biduran yang dapat muncul saat pertama atau beberapa kali mengonsumsi obat.