Bagaimana gejala dan pengobatan pada rhinitis alergi?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 21 Tahun
Halo dok, saya setiap kali kedinginan atau makan makanan pedas selalu bersin bersin. Apakah keduanya disebabkan karena alergi? Bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya? Terima kasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Rhinitis alergi yaitu adanya peradangan pada rongga hidung sehingga menyebabkan gejala mirip seperti gejala flu namun disebabkan karena respon imun tubuh terhadap alergi. Alergi ini biasanya timbul ketika terdapat paparan alergen terhadap tubuh. Alergen merupakan zat yang dirasa dapat memicu timbulnya / kambuhnya suatu alergi.

Adapun tanda dan gejala dari rhinitis alergi adalah:

  • Hidung tersumbat dan berair
  • Mata gatal, berair dan kemerahan
  • Bersin-bersin
  • Batuk
  • Hidung dan atau langit-langit mulut serta tenggorokan gatal
  • Lendir menetes di bagian belakang hidng atau sering disebut dengan post nasal drip
  • Kulit di bawah mata bengkak

Penyebab dari adanya rhinitis alergi ini setiap orang berbeda-beda tergantung reaksi imunutas seseorang etrhadap alergen. Adapun beberapa alergen yang sering memicu timbulnya rhinitis alergi ini adalah debu, perubahan suhu (dingin), spora jamur, tungau, bulu hewan, makanan dan lain sebagainya.

Terkait dengan apa yang Anda keluhkan, tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan sebisa mungkin menghindari paparan alergen tersebut (dingin dan makanan pedas), menghirup uap hangat, tetaplah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, konsumsilah sayur dan buah-buahan, jaga kebersihan diri serta lingkungan sekitar dan lakukanlah olahraga agar badan sehat dan bugar. 

Jika keluhan tidak membaik, periksalah ke dokter spesialis THT terdekat. Dokter akan memberikan beberapa obat dan terapi untuk rhinitis alergi seperti obat anti histamin, membersihkan saluran hidung, memberikan semprotan hidung dan lain sebagainya tergantung dengan kondisi Anda saat dilakukan pemeriksaan.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pengukuran suhu dilakukan pada bayi pilek untuk mengetahui adanya demam atau tidak

Jangan Panik, Ini yang Bisa Anda Lakukan saat Bayi Pilek

Ketika bayi pilek, Anda dapat melakukan beberapa hal untuk membuatnya tetap nyaman, seperti menggunakan saline drops dan melembapkan ruangan.