14 Jan 2021, 10:43Pernapasan

Berotec Inhaler adakah efek sampingnya?

E
Info Penanya: E0
Dokter, setelah menggunakan berotec inhaler kenapa tangan jadi tremor dan sakit kepala? Apa benar ini efek samping berotec inhaler?
314 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Berotec adalah obat yang digunakan untuk serangan asma akut, obat ini mengandung zat fenoterol hydrobromide yang berfungsi untuk melegakan saluran pernapasan yang menyempit. Sediaan obat ini adalah obat semprot atau disebut juga inhaler, cara penggunaannya dengan dihirup melalui mulut lalu dihembuskan. Betotec termasuk dalam obat keras dan hanya dapat dibeli menggunakan resep dokter.  Obat ini biasa di gunakan untuk penderita asma dan bronkitis obstruktif kronik, berotec menyebabkan adanya bronkodilatasi yaitu melebarkan pembuluh pernapasan sehingga oksigen dapat masuk dan keluar secara normal. Namun obat ini juga memiliki beberapa efek samping diantaranya reaksi alergi, gemetar atau tremor, nyeri kepala, pusing, berdebar, hingga keluhan di otot seperti kram atau nyeri otot dan gangguan irama jantung.Pada beberapa orang, efek samping ringan lain yang mungkin terjadi adalah batuk, iritasi tenggorokan, mual muntah, berkeringat dan perubahan tekanan darah yang dapat terjadi segera setelah penyemprotan. Meskipun banyak efek sampingnya, namun pada serangan asma akut yang memerlukan obat ini, efek samping dari obat dinilai lebih minimal dibandingan dengan manfaatnya sehingga saat ini berotec masih banyak digunakan.
Obat ini juga aman digunakan pada saat kehamilan, namun pada ibu menyusui obat ini dapat terserap ke dalam ASI. Sehingga untuk ibu menyusui diperlukan konsultasi lebih lanjut ke dokter mengenai pemakaian obat ini.Salam sehatdr.Evelin Kwandang
penyakit paru-paruasmasesak napas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil