Berkumur lalu menelannya apakah baik?

AR Info Penanya: AR, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, jikalau kita siap makan, atau pun tidak hal nya melakukan makan , dan ketika kita berkumur dengan air putih kemudian menelan nya kembali, apakah itu baik atau tidak dok? Terimakasih .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AR,

Berkumur merupakan kegiatan untuk dapat membersihkan rongga mulut dari adanya kotoran ataupun sisa makanan yang masih tersangkut seperti misalnya pada sela gigi dan juga dapat menagatasi bau mulut. Berkumur sendiri dapat dilakukan menggunakan air putih, air garam, cairan antiseptik ataupun obat kumur khusus.

Bila berkumur menggunakan air garam, cairan antiseptik atau obat kumur khusus perlu juga diperhatikan cara penggunaannya yaitu tidak dengan berkumur tanpa henti tetapi diberikan waktu untuk merendam beberapa saat agar cairan kumur tersebut bekerja membunuh bakteri. Jika menggunakan air putih sebelum makan atau diluar waktu makan, sebaiknya tidak menelan air putih tersebut karena pada saat berkumur dapat ada kotoran yang ikut dalam air tersebut berbeda jika kita sedang makan atau mengakhiri makan dimana minum dan sedikit berkumur dapat membantu membersihkan makanan yang menempel pada sela gigi misalnya.

Upayakan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rutin menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari saat pagi dan malam hari dan mengakhiri dengan obat kumur atau menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih ada serta memeriksakan kondisi gigi pada dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat kapur sirih yang dikenal banyak orang adalah untuk kesehatan gigi dan rambut

Berbagai Manfaat Kapur Sirih yang Bisa Anda Nikmati

Manfaat kapur sirih dapat dirasakan, mulai dari kesehatan gigi hingga berbagai olahan makanan, asalkan tidak dikonsumsi berlebihan dan sudah berstatus food grade.