16 May 2021, 19:02Penyakit Lainnya

Berkeringat saat tidur, kenapa?

EE
Info Penanya: EE0
Dok, kenapa ya setiap saya tidur dan terbangun ditengah malam saya berkeringat. Keringat itu hanya membasahi bagian rambut saya. Ketika lihat di media internet penyebabnya sangat menyeramkan. Tapi sepertinya saya merasakan itu setiap hari, tapi baru menyadari karena akhir-akhir ini karena sering terbangun tengah malam. Saya tidak ada keluhan sesak nafas, demam, dan penyakit dalam sebelumnya. Saya juga selalu cek oksigen dengan hasil normal. Itu kira-kira kenapa ya dok? saya laki & berpostur gemu
109 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, ETerima kasih atas pertanyaan AndaBerkeringat adalah kondisi yang wajar dialami seseorang. Salah satu manfaat dari keluarnya keringat dari tubuh adalah untuk menurunkan suhu tubuh. Namun, keringat yang berlebih saat sedang tidak melakukan aktivitas dan tanpa sebab yang jelas, tentunya perlu dilakukan pemeriksaan untuk tahu apakah termasuk kondisi normal atau karena ada masalah kesehatan lainnya.Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan keringat berlebih saat tidur:
  • Suhu ruang tidur yang kurang nyaman atau terlalu panas
  • Sirkulasi udara di kamar tidur yang kurang baik
  • Hiperhidrosis sekunder
  • Obesitas
  • Pakaian tidur yang kurang nyaman
  • Efek konsumsi obat tertentu
  • Cemas ataupun stres
  • Adanya kondisi medis lain seperti infeksi pada tubuh, gangguan hormon, dan lain sebagainya
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda beberapa kemungkinan penyebab keringat berlebih saat tidur bisa disebabkan oleh kondisi yang disebutkan. Jika keluhanini berulang dan Anda merasa tidaknyaman meskipun tanpa disertai dengan gejala penyerta sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk tahu penyebabnya sehingga Anda bisa mendapatkan tatalaksana yang sesuai.Tindakan sementara yang saat ini bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan pakaian tidur yang nyaman, pastikan suhu ruangan kamar tidur Anda nyaman dan tidak panas, pastikan sirkulasi udara baik, konsumsi makanan bergizi, jaga berat badan tetap ideal, berolahraga ringan dengan rutin, atasi stres dan beristirahat dengan cukup.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
tidurkeringatkeringat dingin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil