Berjalan agar mempercepat penurunan kepala apakah ada hubungan dengan cepat lambatnya penurunan kepala

NM Info Penanya: NM, Wanita, 19 Tahun
mau tanyak dok , ketika ibu akan melahirkan kan dianjurkan untuk berjalan-jalan agar mempercepat penurunan kepala , lalu apakah ada hubungannya gaya gravitasi bumi dengan cepat lambatnya penurunan kepala tersebut ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NM,

Posisi janin pada trimester ketiga kehamilan normalnya adalah janin mulai memasuki posisi jalan lahir dimana letak kepala akan berada di bawah. Tetapi tidak jarang terjadi posisi janin yang tidak normal seperti letak lintang atau sungsang. Saat usia kehamilan memasuki trimester 3 dokter spesialis kandungan dan kebidanan dapat melakukan sejumlah penanganan agar membuat posisi bayi berada pada posisi sesuai jalan lahir tetapi perlu dipastikan kondisi kehamilan apakah dapat dilakukan tindakan tersebut.

Berjalan pada ibu hamil sendiri memang dapat membantu penurunan janin ke jalur lahir dan juga membantu ibu agar bisa bugar dan sehat apabila menjalani persalinan secara normal nantinya yang membutuhkan tenaga besar. Peran gravitasi sendiri dapat berpengaruh terhadap penurunan tersebut di samping faktor lain yang berpengaruh seperti kontraksi otot rahim, kondisi jalan lahir apakah sempit atau normal, apakah ada kelainan pada kehamilan seperti letak plasenta yang menutupi jalan lahir dan juga posisi janin itu sendiri.

Untuk itu lakukan kontrol berkala terutama saat memasuki bulan ke 9 dimana pemeriksaan perlu dilakukan setiap minggu untuk memantau perkembangan janin dan persiapan persalinan apakah dapat dilakukan dengan persalinan normal atau memerlukan tindakan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proses melahirkan sendiri di rumah harus tetap didampingi tenaga medis seperti bidan atau dokter

Nyaman dan Tenang dengan Melahirkan di Rumah, Ini Caranya

Entah direncanakan atau tidak, melahirkan sendiri atau melahirkan di rumah harus jadi salah satu skenario cadangan. Meski dilakukan sendiri di rumah, proses melahirkan harus tetap didampingi tenaga medis seperti bidan atau dokter.