06 Sep 2021, 23:05Psikologi

Apakah berimajinasi terlalu lama itu wajar?

FP
Info Penanya: FP0
Halo dok. Saya ingin share pengalaman saya dan izin bertanya. Sejak kecil saya suka berimajinasi. Saat ini saya berumur 20th. Saya suka membuat alur cerita ​di otak saya. Saat berimajinasi terkadang saya suka berbicara sendiri, tersenyum, ekspresi yang saya keluarkan sesuai dengan alur cerita yang saya buat. Bahkan saya bisa berimajinasi berjam-jam. Dan lambat laun, hal ini membuat saya sulit berkonsentrasi. Apakah hal ini wajar dok? Dan hal apa yang harus saya lakukan untuk mengatasinya?
119 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, FTerima kasih atas pertanyaannya.Berimajinasi merupakan hal yang normal.  Semua orang punya imajinasinya sendiri-sendiri.  Dengan imajinasi itu pula dapat menjadi suatu motivasi orang untuk dapat mewujudkannya di dunia nyata, tentunya imajinasi yang bermanfaat tidak hanya pada diri sendiri tetapi juga orang lainJadi kegiatan berimajinasi yang membuat sering bicara sendiri bukan suatu gangguan pikiran selama tidak menganggu aktivitas sehari-hari.  Bila sering berimajinasi ini malah membuat tidak fokus kuliah atau kerja, dalam waktu yang terlalu lama, lebih senang menyendiri, ataupun hingga tidak peduli dengan lingkungan sekitar maka kegiatan berimajinasi perlu disesuaikan.

Cara agar kegiatan berimajinasi tidak menganggu kegiatan sehari-hari : 

  • Tentukan skala prioritas.  Pastikan kegiatan yang memang harus dilakukan sudah dikerjakan. Misal pekerjaan rumah sudah selesai, tugas sekolah ataupun kuliah sudah dikerjakan. 
  • Lebih sering bersosialisasi dengan keluarga atau teman terpercaya. 
  • Tuangkan imajinasi dalam sebuah buku atau jurnal yang diberi batasan, misal 1 hari cukup 1 paragraf jadi waktu bisa untuk aktivitas produktif lainnya.
  • Olahraga teratur setiap hari.  Selain jaga kesehatan tubuh juga jaga kesehatan mental. 
  • Jadikan kegiatan berimajinasi ini sebagai suatu hobi yang artinya tidak selalu harus dilakukan. 
Bila cara tersebut tidak membantu anda dalam kehidupan sehari-hari, tidak ada salahnya konsultasi dengan psikolog agar diberikan konseling lanjutanSemoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
masalah kejiwaangangguan psikologisberpikir positifpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil