Berhubungan intim sebelum haid, apabisa hamil?

SL Info Penanya: SL, Pria, 23 Tahun
dok saya mau nanya, berhubungan intim 5hari sebelum haid apakah bisa hamil?contoh : saya berhubungan intim dengan istri saya tanggal 25 sperma keluar di dalem, hitungan istri tanggal 28- 30 dateng haid, apakah bisa hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SL,

Pembuahan adalah ketika sel telur berhasil dibuahi oleh sel sperma baik melalui pembuahan alami dengan hubungan seksual ataupun metode pembuahan buatan seperti misalnya metode bayi tabung.

Jika melakukan hubungan seksual tanpa kontrasepsi dan terjadi ejakulasi di dalam kemaluan perempuan, maka memiliki peluang untuk hamil. Jadi perlu diperhatikan 1 minggu setelah hubungan seksual apakah ada perdarahan implantasi sebagai tanda kehamilan, atau muncul tanda kehamilan lain dalam beberapa minggu kedepan.

Perhatikan jika ada terlambat haid maka bisa dilakukan tes kehamilan dengan testpack. Tetapi jika setelah berhubungan lalu ada menstruasi berarti tidak ada kehamilan.

Jika masih ingin menunda memiliki keturunan dapat menggunakan metode kontrasepsi seperti:

  • Menggunakan pil KB
  • Menggunakan kondom
  • Tidak disarankan menggunakan KB suntik karena membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk kembali subur setelah dilepas
  • Metode KB alami seperti KB kalender atau ejakulasi terputus atau coitus interuptus tidak begitu efektif sehingga masih mungkin untuk hamil

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain peningkatan estrogen, penyebab gairah meningkat saat hamil adalah meningkatnya relaxin dan oksitosin

Gairah Seks Tinggi saat Hamil, Wajarkah?

Pernahkah Anda mengalami peningkatkan gairah seks saat hamil? Peningkatan tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti level estrogen yang meningkat, sehingga membuat libido tinggi saat hamil.