28 Dec 2020, 09:06Kandungan

Seks sehari sebelum jadwal haid, apa bisa hamil?

U
Info Penanya: U, Wanita, 20 Tahun
Dok saya mau bertanya.. Hitungan saya dapat haid tgl 26, tp 1 hari sblm itu (tgl 25) saya melakukan hubungan & itu pun tdk lama. Suami saya pun tdk mengelurkan apapun di dlm saat berhubungan (hanya keluar saat sdh di luar). Tetapi sampai hari ini (tgl 28) saya blm jg haid, hitungan hampir mau masuk 2 hari telat haid, apakah dapat menyebabkan kehamilan / tanda2 dari kehamilan? Terimakasih dok..
358 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, DTerima kasih atas pertanyaan AndaMelakukan seks saat wanita sedang dalam masa subur dengan pria berejakulasi di dalam vagina mempunyai peluang besar untuk terjadi kehamilan. Namun, perlu diketahui bahwa melakukan seks di luar masa subur ataubahkan melakukan seks saat haid pun tetap berisiko untuk terjadi kehamilan, walau peluangnya tidak sebesar saat sedang dalam masa subur. Terlambat haid pada wanita bisa terjadi karena kehamilan ataupun karena bebebrapa penyebab lain.

Penyebab terlambat haid, bisa terjadi karena pengaruh beberapa faktor seperti:

  • Stres dan kelelahan fisik
  • Hormon tubuh yang tidak seimbang
  • Efek samping penggunaan KB, terutama KB hormonal
  • Penyakit pada organ reproduksi wanita
  • PCOS
  • Obesitas ataupun karena perubahan berat badan mendadak
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, karena ada riwayat melakukan hubungan seksual walaupun suami melakukan ejakulasi di luar vagina, sebaiknya tetap lakukan tes kehamilan untuk lebih memastikannya. Perlu diketahui bahwa tanda pasti dari kehamilan adalah hasil tes kehamilan, hasil pemeriksaan dokter dan hasil pemeriksaan dengan alat scanning yang dikenal dengan istilah USG kehamilan. Normalnya siklus haid adalah 21 - 35 hari, dengan rata-rata wanita mempunyai siklus 28 hari. Haid yang datang lebih cepat atau terlambat sekitar 2 hari masih dianggap wajar karena pengaruh dari beberapa kondisi yang disampaikan di atas. Konsumsi makanan sehat serta bergizi, konsumsi sayur, konsumsi buah, minum air putih cukup, atasi stres, pastikan berat badan ideal, jaga kebersihan area kewanitaan, hindari seks bebas, agar haid kembali lancar dan organ reproduksi tetap sehat. Bila siklus haid masih belum lancar segera periksa ke dokter spesialis kandunganSemoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhubungan seksmasalah seksualsekskehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil