07 Sep 2021, 21:47Kandungan

Penyebab 4 bulan tidak datang bulang, apakah saya hamil ?

MW
Info Penanya: MW0
Malam dok .. Dok saya mau tanya, pasangan saya sudah hampir 4 bulan tidak datang bulan, sudah di test pack 2x hasilnya negatif semua, setiap berhubungan selalu dikeluarkan di luar tetapi kadang kami berhubungan 2x dan mr.p hanya dibersihkan dengan tisu. Yang pasangan saya rasakan tidak terlalu mual cuma seperti masuk angin, kalo buat jongkok sesak dan cepat lelah saat beraktivitas
214 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, M.Pasangan yang sudah menikah atau aktif melakukan hubungan seksual, jika hendak menunda mendapatkan keturunan, sebaiknya menggunakan salah satu alat kontrasepsi. Kemungkinan hamil bagi pasangan yang tidak menggunakan alat kontrasepsi sangat besar, terutama jika berhubungan saat ovuasi terjadi.

Apa yang menyebabkan 4 bulan tidak datang bulang ?

Pasangan Anda yang sudah hampir 4 bulan tidak datang bulan, sudah di test pack 2x hasilnya negatif, setiap berhubungan selalu dikeluarkan di luar tetapi kadang Anda dan pasangan berhubungan 2x dan mr.p hanya dibersihkan dengan tisu. Yang pasangan Anda rasakan tidak terlalu mual cuma seperti masuk angin, kalo buat jongkok sesak dan cepat lelah saat beraktivitas, ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Kehamilan. Test pack dengan hasil negatif dapat terjadi karena saat melakukan test pack hormon HCG belum meningkat dan tidak terdeteksi di urin, melakukan test pack di waktu yang tidak tepat bukan saat pagi hari, salah menggunakan test pack, test pack yang dipakai tidak sensitif. Walau dikeluarkan di luar, pasangan Anda masih bisa hamil, karena cairan praejakulasi mengandung sedikit sperma yang dapat membuahi sel telur.
  • Gangguan hormonal akibat gaya hidup tidak sehat, BB tidak ideal, stress, PCOS, mioma uteri, tumor pituitari, gangguan hormon tiroid, endometriosis.
Coba untuk melakukan test pack kembali demi memastikan hasil apakah pasangan Anda hamil atau tidak. Namun jika hasil test pack tetap negatif, maka segera lakukan pemerikaan ke dokter kandungan, agar diketahui penyebab pasti. Ubah gaya hidup jauh lebih sehat agar haid lancar kembali.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil