13 Jan 2021, 17:52Kandungan

Apakah hubungan seksual setelah suntik KB bisa hamil ?

YA
Info Penanya: YA0
Sore dok. Saya mau tanya bulan Desember 2020 saya minum pil KB ,di tgl 6 Januari 2021 saya suntik kb terus langsung berhubungan,apa itu bisa hamil?
267 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, Y.Cara yang efektif dalam mencegah kehamilan pada pasangan yang belum ingin hamil adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi. Salah satu alat kontrasepsi yang dapat digunakan adalah konsumsi pil KB. Konsumsi pil KB yang mengandung progesteron atau kombinasi esterogen dan progesteron ini memang efektif, namun jika dengan cara minum yang benar, tidak lupa, dan dalam waktu yang sama di tiap harinya.

Apakah hubungan seksual setelah suntik KB bisa hamil ?

Pil KB yang harus terus diminum, kadang membuat wanita sering lupa jadwal untuk minum pil KB, sehingga terlewat. Hal ini dapat membuat wanita menjadi hamil karena kesuburan dapat cepat kembali. Banyak wanita yang beralih dari pil KB ke KB suntik, baik KB suntik 1 bulan atau 3 bulan. KB suntik dinilai lebih praktis dalam penggunaannya. Suntik KB mencegah kehamilan dengan mengatur hormon progesteron dan estrogen, mengentalkan saluran reproduksi wanita, dimana hal ini membuat sel sperma sulit naik dan bertemu serta membuahi sel telur. Suntik KB juga mencegah pengeluaran sel telur yang telah matang dari ovarium dan menipiskan dinding rahim untuk penempelan bakal janin.Namun suntik KB ini membutuhkan waktu untuk berkerja setidaknya hingga 1 minggu. Jadi jika Anda berhubungan seksual segera setelah suntik KB, maka kehamilan bisa saja terjadi. Untuk itu, jika dalam bulan ini dan bulan depan Anda telat datang haid, baik diikuti dengan tanda awal sebuah kehamilan, atau tidak, lakukan pemeriksaan USG di dokter spesilais kandungan, atau pemeriksaan urin sendiri menggunakan test pack. Jika ingin berhubungan seksual setelah suntik KB, sebaiknya menggunakan kondom sebagai alat kontrasepsi tambahan. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil