Berhubungan setelah melahirkan caesar, apakah bisa hamil?

AN Info Penanya: AN, Wanita, 25 Tahun
Selamat malam dok. Saya mau tanya. Ini kan sudah 2 bulan lebih setelah kelahiran anak saya. Sak umpama saya melakukam hubungan intim dan saya belum mentruasi tanpa KB apakah bisa hamil. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, ANH.

Hubungan intim yang dilakukan pasca operasi caesar dapat menyebabkan kehamilan, apabila hubungan tersebut dilakukan saat wanita sudah subur kembali dan memiliki sel telur yang siap dibuahi. Waktu yang dibutuhkan untuk subur kembali pasca kelahiran bervariasi setiap wanita, dengan rata-rata 6 minggu.

Mengenai kondisi yang Anda sampaikan, walaupun belum haid, ada kemungkinan Anda sudah subur kembali. Pasalnya, proses kembalinya kesuburan diawali dengan produksi sel telur, yang apabila dibuahi akan menyebabkan kehamilan, dan apabila tidak dibuahi akan menyebabkan luruhnya dinding rahim saat menstruasi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak perlu menunggu menstruasi datang untuk bisa dibuahi.

Lalu, apabila Anda tidak menggunakan kontrasepsi buatan, perlu diketahui juga apakah Anda menyusui atau tidak. Menyusui seringkali disebut-sebut sebagai kontrasepsi alami, karena hormon tertentu yang dihasilkan saat menyusui dapat mencegah proses pembuahan. Sehingga, apabila Anda menyusui, kemungkinan kehamilan akan lebih kecil.

Dari penjelasan di atas, ada baiknya Anda menggunakan kontrasepsi tambahan seperti pil, suntik, kondom, atau implan, apabila Anda belum siap untuk kehamilan kembali. Anda dapat berdiskusi dengan pasangan untuk jenis kontrasepsi yang cocok, karena masing-masing memiliki keuntungan, kerugian, dan jangka waktu yang berbeda.

Untuk informasi lebih lanjut, berkonsultasilah secara langsung kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara memperbanyak air ketuban salah satunya adalah minum air lebih banyak

Cara Memperbanyak Air Ketuban untuk Perkembangan Janin Sehat

Cara memperbanyak air ketuban penting diketahui ibu hamil agar volume cairan ketuban selalu cukup. Sebab, peran air ketuban dalam perkembangan janin sangatlah penting.