Berhubungan setelah nifas apakah hamil?

MA Info Penanya: MA, Wanita, 1 Tahun
Selamat malam dok saya mau nanya,saya baru melahirkan kemaren bulan februari dan saat usia anak 4 bulan saya sudah mulai haid tapi cuma 4hari terus langsung selesai haidnya. Pertanyaan saya dok. Ko sampai sekarang usia anak sya udh 6bulan saya blm haid kembali yaaa,apakah mungkin kalau saya hamil. Soalnya saya sudah pernh berbuhubngn sama suami beberapa kali dan saya juga tidak KB disisi lain dalam beberapa hari ini selalu terasa mual dok.trimaksaih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam MA,

Apabila setelah melahirkan tidak menggunakan KB dan sudah pernah berhubungan seksual, kehamilan bisa terjadi. Sebaiknya bisa coba memeriksakan apakah hamil atau tidak, salah satunya bisa diperiksakan menggunakan testpack.

Tidak haid selama lebih dari 3 bulan disebut dengan amenorea. Amenorea sendiri bisa disebabkan oleh beragam penyebab seperti:

  • Masalah hormonal
  • Gangguan organ reproduksi
  • Masalah berat badan
  • Masalah psikologis seperti stres atau beban pikiran berlebih
  • Penggunaan KB

Tidak haid selmaa berbulan-bulan juga bisa terjadi karena masalah kesehatan lain ataupun bisa terjadi kehamilan. Apabila tidak menggunakan KB dan sudah pernah berhubungan seksual, sebaiknya bisa coba memeriksakan apakah hamil atau tidak menggunakan testpack.

Jika sudah dilakukan testpack dan hasilnya negatif maka bisa tidak terjadi kehamilan tapi bisa ada hal lain yang menjadi penyebab belum haid. Apabila didapatkan hasil pemeriksaan testpack samar atau positif maka perlu dipastikan dengan pemeriksaan USG. Apabila terdapat kantong janin bisa dipastikan terjadi kehamilan.

Mual sendiri tidak selalu merupakan tanda kehamilan, tetapi bisa juga disebabkan oleh masalah pencernaan. Untuk itu perbaiki juga pola makan dan hindari makanan yang bisa menimbulkan rasa mual. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi haid tidak lancar dengan olahraga

Mengenal Faktor Risiko dan Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Cara mengatasi haid tidak lancar wajib diketahui oleh para wanita. Selain olahraga teratur dan mengonsumsi kayu manis, vitamin D juga diketahui dapat melancarkan haid.