01 Nov 2020, 07:19Kandungan

Berhubungan setelah kb 3 bulan

RR
Info Penanya: RR0
Pagi dok..setelah anak saya 10 bulan sya bru haid...seminggu setelh haid saya kb suntik 3 buln...mlam nya sya berhubungan badan dn d leps d dlem...lalu bulan berikutnya saya tidak haid...apakah saya hamil dok...?terimakasih
283 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang RR,Suntik KB 3 bulan adalah salah satu metode kontraspesi yang efektif untuk mencegah kehamilan. Penggunaan KB suntik 3 bulan sendiri dilakukan dengan cara menyuntikan obat hormonal setiap 12 minggu untuk memberikan perlindungan dari kehamilan. Jika sudah 1 minggu dari penyuntikan pertama, tubuh sudah memiliki perlindungan dari kehamilan. Jadi jika melakukan hubungan badan maka kemungkinan hamil bisa dicegah.Apabila setelah suntik KB dibulan berikutnya tidak haid dapat merupakan salah satu efek samping KB suntik 3 bulan. Beberapa efek samping yang bisa disebabkan oleh KB suntik 3 bulan diantaranya adalah:
  • Masalah siklus menstruasi
  • Perdarahan diluar menstruasi
  • Menstruasi menjadi sedikit atau tidak haid sama sekali
  • Menyebabkan peningkatan berat badan
  • Sakit kepala
  • Sakit payudara
  • Perlu waktu untuk kembali subur setelah lepas KB
Jika ragu, bisa juga memastikan apakah hamil atau tidak dengan melakukan pemeriksaan tes kehamilan menggunakan testpack. Jika hasilnya negatif maka bisa melanjutkan suntik KB sesuai jadwal untuk perlindungan yang optimal. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidpenggunaan kbkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil