Berhubungan seksual saat haid

SS Info Penanya: SS, Wanita, 23 Tahun
Selamat siang dok , mau tanya cara baik setelah melakukan hubungan saat haid gimana? soalnya telanjur gatau ada darah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SS,

Berhubungan seksual ketika menstruasi dapat memiliki sisi positif dan negatif seperti diantaranya adalah:

  • Sisi positif nya seperti dapat meringankan gejala kram, perasaan sedih, atau gangguan mood selama menstruasi karena berhubungan saat menstruasi dapat memicu timbulnya hormon endorfin yang membuat rasa senang
  • Sisi negatifnya adalah dapat meningkatkan risiko penyakit menular seksual, memicu keputihan, ataupun infeksi saluran kemih

Untuk itu perlu menimbang melakukannya terutama di hari-hari awal dimana darah haid sedang mengalir deras. Jika merasa tidak nyaman terutama jika terdapat darah ada baiknya untuk menundanya. Upayakan juga menggunakan pengaman seperti kondom agar menghindari kemungkinan hamil.

Jika timbul rasa nyeri, keputihan, perubahan frekuensi saat berkemih, nyeri berkemih segera periksakan pada dokter agar dilakukan pemeriksaan dan diketahui penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika vagina anda tersasa perih saat bercinta, itu bisa menjadi salah satu gejala dispareunia

Vagina Perih Saat Bercinta? Waspadai Menderita Gejala Dispareunia!

Dispareunia adalah nyeri pada alat kelamin yang terus menerus dan atau berulang sesaat sebelum, saat, atau pun sesudah berhubungan seks. Gejala dispareunia yaitu nyeri pada saat penetrasi, vagina perih. Penyebabnya adalah tidak cukupnya pelumas, adanya riwayat luka atau iritasi.