Berhubungan seksual dua kali dengan jarak beberapa menit apakah bisa hamil?

MA Info Penanya: MA, Pria
Bersetubuh yng 1 sperma di keluarin di luar. Trus jarak 7 menit bersetubuh lagi (penis sudah kering). dan dikeluarin di luar. apakah wanita bisa hamil? dengan bekas/sisa keluarnya sperma yang pertama??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MA

Bisa saja masih ada kemungkinan terjadi kehamilan selain karena belum tentu semua sperma sudah tidak aktif serta ada kemungkinan sisa sperma yang belum sempat keluar akan keluar saat terstimulasi yang kedua kali. Sebaiknya setelah hubungan yang pertama dibersihkan dengan menggunakan sabun sampai dengan bersih. Dengan demikian menjaga higienitas organ intim Anda dan pasangan. 

Jika memang belum berencana untuk hamil, ada baiknya Anda menggunakan kondom sebagai metode kontrasepsi barrier/penghalang setidaknya saat berhubungan yang kedua kalinya atau menggunakan metode kontrasepsi yang lain. Selain kondom bisa menggunakan metode hormonal seperti pil KB, KB suntik atau IUD. Lebih jelasnya bisa dibaca di artikel mengenai Pilihan Kontrasepsi untuk Pria dan Wanita

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pil KB memiliki dua jenis, yaitu yang mengandung hormon progesteron dan hormon progesteron-estrogen

Jenis-Jenis KB, Pilih yang Paling Tepat untuk Anda

Penggunaan alat kontrasepsi bertujuan untuk menunda kehamilan dan mengatur jumlah anak yang dilahirkan. Beberapa jenis alat kontrasepsi (KB) yang bisa digunakan, antara lain IUD, kondom, suntik KB, dan pil KB.