Berhubungan sebelum menstruasi apakah dapat hamil?

SS Info Penanya: SS, Wanita, 30 Tahun
Selamat malam dok...Dok saya mo tanya... Menurut perhitungan seharusnya saya haid tgl 11 karen sgat teratur dok.tpi malam seblumnya tepatnya tgl 10 mlam,saya melakukan hubungan intim dan sperma keluwar di dalam.sudah 3hri tk kunjung haid akhirnya tgl 15pagi saya tespac tpi hasil negatif.sebenernya sya hmil ataukah kenpa ya dok.dan untuk tes ulang selang brpa lama.trimakasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan bisa terjadi jika sel telur berhasil dibuahi oleh sel sperma. Peluang sel sperma untuk bisa membuahi sel telur paling besar adalah ketika masa ovulasi atau masa subur. Jika diluar masa ovulasi peluang untuk bisa hamil tetap ada tapi tidak sebesar jika di masa subur.

Berdasarkan keterangan Anda belum bisa di pastikan Anda mengalami kehamilan atau tidak, berikut ada beberapa tanda wanita mengalami hamil :

  • Terlambat haid
  • Peruabahan payudara dan puting 
  • Keluar bercak daraah flek coklat pada vagina
  • Nyeri atau kram perut
  • Mudah lemas dan lelah
  • Mual dan muntah
  • Sensitif pada bau
  • Sering buang air kecing

Jika Anda tidak ingin hamil sebaiknya menggunakan kontrasepsi seperti kondom, pil KB atau jenis alat kontrasepsi lainnya untuk mencegah kehamilan. Namun jika Anda ingin hamil, lakukan pada masa subur Anda. Saran saya lakukan testpack ulang satu minggu lagi setelah tanggal terlambatnya menstruasi Anda. Jika hasilnya masih negatif, terlambatnya menstruasi Anda bisa di sebabkan oleh hal lain seperti gangguan hormon, stress, kelelahan, atau penyebab lainnya. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kalau mengidam makanan manis, jangan langsung yakin bahwa Anda sedang hamil bayi perempuan.

Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan yang Sebenarnya Mitos Belaka

Apakah mungkin ibu hamil bisa memprediksi jenis kelamin anaknya melalui gejala yang dirasakan? Namun, apakah prediksi tersebut akurat? Atau hanya mitos? Berikut ini ciri-ciri hamil bayi perempuan yang sebenarnya mitos belaka.