26 Mar 2021, 07:31Kandungan

Apakah seks saat haid bisa hamil?

SS
Info Penanya: SS, Wanita, 21 Tahun
Ass dok,selamat pagi . Dok saya mau tanya dok,apakah berhubungan saat haid bisa hamil?
329 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, SSTerima kasih atas pertanyaannya.Ketika haid maka jaringan dinding rahim sedang meluruh karena sel telur tidak dibuahi oleh sperma.  Peluruhan jaringan ini akan disertai dengan darah dan lendir.  Hubungan intim saat haid dalam medis tidak dilarang karena ada beberapa manfaat hubungan saat haid seperti mengurangi rasa nyeri atau kram perut serta mempercepat durasi haid.  Tetapi tentu ada risiko yang menanti.

Risiko berhubungan saat haid :

  • Risiko kehamilan. Walaupun saat haid sel telur sudah tidak ada.  Tetapi sperma itu dapat bertahan di rahim hingga 7 hari lamanya.  Ketika wanita dalam rentang waktu itu memasuki kembali masa ovulasi atau sel telur dilepaskan dan bertemulah dengan sperma yang tersimpan di awal maka akan terjadi pembuahan dan kehamilan.
  • Risiko tinggi penularan infeksi bakteri, virus ke rahim karena saat haid, leher rahim sedang terbuka. Adanya benda asing yang masuk mungkin saja membawa virus atau bakteri sehingga berisiko infeksi pada rahim.
  • Saat haid, pH vagina akan meningkat sehingga jamur akan tumbuh lebih cepat. Dengan adanya penetrasi atau hubungan intim, pertumbuhan jamur akan semakin subur dan berisiko infeksi jamur pada vagina.
Hal ini menjawab pertanyaan anda, hubungan saat haid ada kemungkinan untuk hamil walaupun tidak sebesar saat selesai haid.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidhubungan seksualhaid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil