26 Dec 2020, 20:30Kandungan

Apakah berhubungan seksual saat menstruasi dapat menyebabkan kehamilan ?

KK
Info Penanya: KK0
Dok saya mau tanya?saya kan sudah KB suntik lalu dapet seminggu saya datang haid nah ketika suami saya sudah pulang dia minta berhubungan tapi saya lagi haid cuma ngga deres apa itu bakalan menyebabkan kehamilan atau ngga pak
273 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, K.Hubungan seksual merupakan hak setiap pasangan yang sudah berumah tangga. Hubungan seksual yang sehat, maka akan menyebabkan organ reproduksi sehat pula. Hubungan seksual yang sehat adalah hubungan seksual yang dilakukan saat dimana tubuh sedang prima, tidak dalam keadaan nifas dan menstruasi, tidak berganti pasangan seksual, dan hubungan seksual yang dilakukan tanpa paksaan.

Apakah berhubungan seksual saat menstruasi dapat menyebabkan kehamilan ?

Berhubungan seksual saat menstruasi memang memiliki risiko terjadinya kehamilan yang lebih kecil karena proses peluruhan rahim. Namun sperma dapat bertahan di dalam rahim hingga 5 hari, jadi jika Anda mengalami haid hanya 2 hari, setelah itu ovarium melepaskan sel telur yang telah matang kembali, maka sperma dapat membuahi sel telur tersebut.

Apa efek berhubungan seksual saat menstruasi ?

Selain kehamilan, berhubungan seksual saat menstruasi juga dapat menyebabkan penyakit. Darah merupakan media bakteri berkembang biak dengan baik. Saat penis masuk ke organ intim wanita, maka darah dapat masuk ke penis dan menginfeksi saluran kemih laki-laki. Darah haid ini juga dapat masuk ke rahim terlebih rahim sedang terbuka karena proses menstruasi. Masuknya bakteri ke rahim menyebabkan infeksi rahim maupun serviks. Infeksi yang tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan gangguan pada organ reproduksi wanita.Jadi sebaiknya Anda dan pasangan tidak berhubungan seksual saat menstruasi maupun saat flek kecoklatan berlangsung. Selalu gunakan alat kontrasepsi jika Anda dan pasangan ingin menunda kehamilan. Catat dan buat pengingat kapan Anda harus suntik KB kembali. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
haidmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil