Berhubungan saat haid amankah?

MF Info Penanya: MF, Pria, 21 Tahun
Halo dok saya mau tanya dok saya berhubungan intim 3 kali dok saat haid, yang ke tiga kali nya dok saya kekuar di dalam dok dan itu darah haid ny udah gak ada lagi dok, Apakah dapat menyebab kan kehamilan dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MF,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Berhubungan seksual saat menstruasi memang menuai pro dan kontra. Beberapa agama dan budaya menganggap hubungan seks saat haid merupakan hal yang dilarang atau tabu. Nyatanya Berhubungan seks saat haid dapat membawa manfaat sekaligus risiko bagi wanita.

Jika saat Anda menstruasi mengalami gejala seperti kram, perasaan sedih, atau depresi selama menstruasi. Berhubungan dapat menguransi saat menstruasi. Karena saat orgasme, Anda akan melepaskan hormon endorfin. Endorfin adalah hormon yang bisa membuat seseorang merasa senang sehingga bisa meredakan depresi atau bad mood.

Selain memberikan manfaat berhubungan saat hamil juga dapat menyebabkan beberapa risiko diantaranya :

  • Berisiko lebih tinggi terkena penyakit menular seksual. karena saat menstruasi, kondisi leher rahim akan terbuka, sehingga memungkinkan bakteri masuk ke dalam rongga panggul.
  • Anda juga lebih mungkin untuk menularkan penyakit HIV dan hepatitis ke pasangan saat kondisi seperti ini, karena lebih banyak cairan tubuh atau darah yang keluar.
  • Seks saat menstruasi juga memiliki risiko untuk hamil. Walau kecil, namun tetap ada kemungkinan Anda akan hamil.

Berhubungan seks saat haid memiliki manfaat dan risiko. Jika Anda dan pasangan ragu atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter kandungan, sehingga hubungan seks yang Anda lakukan saat haid tetap aman dan nyaman.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gairan seks saat hamil bisa meningkat karena peningkatan produksi estrogen

Wajarkah Jika Gairah Seks Saat Hamil Menjadi Tinggi?

Pernahkah Anda mengalami peningkatkan gairah seks saat hamil? Peningkatan tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti level estrogen yang meningkat.