Berhubungan saat Haid, Apakah Bisa Hamil?

YY Info Penanya: YY, Wanita, 29 Tahun
Dok saya mau nanya, temen saya ada yang melakukan berhubungan dengan pacarnya tanpa memasukan penis ke vagina, dan keadaan nya cewenya sedang haid, apa itu bisa menyebabkan kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam.

Terimakasih YY atas pertanyaannya kepada Tim SehatQ.

Konsepsi atau pembuahan adalah ketika sperma berhasil masuk ke dalam ovum (sel telur) dan berkembang menjadi kehamilan. Ovum sendiri keluar melalui proses ovulasi dan bertahan di rahim selama 12-24 jam. Sedangkan sperma mampu hidup dalam rahim hingga 24 jam. Bila tidak ada proses pertemuan sperma dan ovum, kehamilan tidak terjadi.

Pada wanita harus diperhatikan apakah perdarahan di vagina saat itu benar haid atau perdarahan akibat ovulasi. Sehingga penting untuk dipastikan berdasarkan kalender menstruasi. Seperti yang dijelaskan pada artikel Mungkinkah Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan? 

Pada kasus yang ditanyakan oleh YY, tidak terdapat penetrasi penis ke dalam vagina. Namun apabila terjadi ejakulasi dan terdapat air mani yang mengarah ke vagina, terdapat kemungkinan sperma dapat mencapai ovum dan terjadi pembuahan.

Untuk mengetahui terjadinya kehamilan, dapat digunakan test pack. Namun untuk memeriksakan lebih lanjut, silahkan berkonsultasi dengan Bidan atau Dokter terdekat.

Semoga jawaban yang diberikan dapat membantu.

Salam sehat,

dr. Annissa Fadila

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Morning after pill bukanlah obat aborsi. Cara kerjanya juga sangat jauh berbeda.

Morning After Pill, Pil Kontrasepsi "Darurat" untuk Suami-Istri

Levonorgestrel, atau yang sering disebut morning after pill, dianggap sebagai pil kontrasepsi “darurat”, yang hanya boleh diminum setelah berhubungan seksual tanpa pengaman. Pil ini tidak boleh rutin dikonsumsi.