22 Aug 2021, 19:48Kandungan

Apakah berhubungan saat periode KB bisa hamil?

DN
Info Penanya: DN0
Dok saya masih dalam masa kb 3 bulan ,dan saya berhubungan intim dgn suami saya lalu suami saya mengeluarkan sperma nya didalam dan lendir putih kental seperti sperma nya tidak keluar lagi,apakah bisa hamil?
332 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, DTerima kasih atas pertanyaannya.Suntik KB adalah jenis dari kontrasepsi yang mengandung hormon dimana hormon dapat mencegah sperma masuk ke rahim, menghambat pelepasan sel telur, serta mencegah perlekatan sel telur yang terlanjur dibuahi pada dinding rahim.  

Yang diperhatikan saat menggunakan KB suntik :

  • Hindari telat suntik agar tidak mengurangi efektivitas KB dalam mencegah kehamilan. 
  • Gunakan kondom atau tunda hubungan 7 hari setelah suntik karena suntik KB biasanya butuh 5-7 hari untuk bekerja maksimal setelah suntik. 
  • Adanya kemungkinan 1-2% kehamilan karena belum ada KB yang kerjanya 100% mencegah kehamilan. 
  • Perhatikan efek samping KB yang mungkin muncul seperti haid menjadi tidak teratur, peningkatan berat badan, sakit kepala, jerawat dan flek hitam. 
Jadi terkait yang ditanyakan, selama hubungan intim dilakukan dalam periode suntik KB dan teratur dalam suntik KB maka kemungkinan hamil kecil sekali sekitar 1-2%.  Untuk itu pastikan teratur suntik KB dan tunda aktivitas seksual di 7 hari pertama setelah suntik agar KB bekerja maksimal dulu dalam mencegah kehamilan. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil