08 Nov 2020, 02:40Kandungan

Berhubungan saat haid terakhir, apakah bisa hamil?

GT
Info Penanya: GT0
Dok saya berhubungan saat haid tapi sudah haid terahkir dok sperma juga tindak keluar cuma gosok-gosok saja dok apa itu bisa hamil dok?
700 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, GTTerima kasih atas pertanyaannya.Berhubungan intim saat haid secara medis memang tidak dilarang.  Berhubungan intim saat haid memiliki dampak positif dan negatifnya.  Kehamilan itu sendiri terjadi karena sel sperma yang membuahi sel telur yang matang.  Setelah pembuahan akan terjadi perlekatan pada dinding rahim sehingga terjadi perkembangan menjadi janin.  Semakin dekat penis pada vagina maka akan semakin tinggi kemungkinan untuk hamil.  Walaupun tidak adanya ejakulasi harap diperhatikan dengan cairan pra ejakulasi.  Cairan praejakulasi umumnya masih memiliki sel sperma walau dalam jumlah yang kecil.

Dampak negatif berhubungan intim saat haid :

  • Terjadinya kehamilan.
    Pada wanita yang memiliki siklus haid pendek atau tidak teratur, ada kemungkinan terjadinya ovulasi dini.  Sperma dikatakan masih dapat bertahan di dalam rahims elama 5-7 hari.  Apabila ovulasi terjadi maka kemungkinan akan terjadi kehamilan.
  • Berisiko meingkatkan penularan infeksi bakteri ataupun virus pada rahim karena leher rahim yang terbuka saat haid.
  • Berisiko terkena infeksi menular seksual.
Perihal yang anda tanyakan, apabila ada cairan pra ejakulasi yang keluar dan menempel pada vagina anda saat anda dan pasangan saling menggosokan kelamin (petting) maka masih ada kemungkinan untuk hamil walaupun kecil.  Oleh karena itu, jika ingin menunda kehamilan, gunakan kondom atau pilihan kontrasepsi lainnya.  Anda dapat periksa ke dokter kandungan jika telat haid bulan berikutnya.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
hubungan sekskehamilanhaidmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil