Apakah teman saya bisa hamil?

AN Info Penanya: AN, Wanita, 1 Tahun
Hallo dok, saya mau tanya jadi teman saya cerita kata nya dia berhubungan seks tapi dia bilang cowo nya tidak mengeluarkan cairan kata dia menyebabkan hamil atau tidak dan setelah dia melakukan seks dia mengeluarkan darah dan langsung ke kamar mandi,mohon di jawab ya dokApa kah itu menyebabkan hamil dok?Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AN.

Hubungan seks adalah hal yang lazim dilakukan oleh pasangan suami istri untuk meningkatkan keharmonisan dan mendapatkan keturunan. Hubungan seks tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh mereka yang belum resmi menikah, karena berisiko kehamilan yang tidak diinginkan dan penyakit menular seksual lainnya.

Hubungan seks akan berpeluang lebih besar untuk hamil, apabila dilakukan pada masa subur. Lalu, aktivitas seksual seperti petting (menggesek-gesekkan penis ke vagina) atau ejakulasi di luar juga dapat menyebabkan kehamilan, tetapi kemungkinannya lebih kecil.

Mengenai kondisi teman Anda yang Anda sampaikan, saat ini kurang jelas apa saja yang dilakukan oleh teman Anda tersebut. Tetapi, apabila penis sempat ereksi, biasanya akan ada cairan yang keluar tanpa disadari, yaitu cairan pre-ejakulasi (cairan semen). Cairan ini juga mengandung sperma yang lebih sedikit, dan bisa saja menyebabkan kemungkinan kehamilan, walaupun kecil.

Lalu, mengenai darah yang keluar pasca berhubungan, bisa saja hal tersebut adalah:

  • Robekan selaput dara apabila berhubungan pertama kalinya
  • Luka karena penetrasi terlalu dalam
  • Adanya polip pada liang vagina
  • Bertepatan dengan memasuki jadwal menstruasi

Agar lebih mudah, Anda dapat menyampaikan kepada teman Anda agar melakukan testpack atau USG kehamilan di dokter spesialis kebidanan dan kandungan apabila ada keterlambatan menstruasi. Apabila benar hamil, maka sebaiknya teman Anda menyampaikannya kepada orangtua. Tetapi jika tidak hamil, hindarilah melakukan aktivitas seksual lagi sebelum menikah, karena risiko yang sudah dijelaskan di awal. 

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

pantau air ketuban selama kehamilan

Perut Membesar Signifikan Saat Hamil, Bisa Jadi Tanda Kelebihan Air Ketuban

Kelebihan air ketuban pada masa kehamilan dapat memengaruhi perkembangan janin dan menyebabkan risiko komplikasi. Meski tidak membahayakan selalu pantau kondisi kehamilan dan air ketuban Anda. Biasanya, kelebihan cairan ketuban terjadi pada trimester kedua kehamilan.