Berhubungan lagi apa bisa hamil?

AR Info Penanya: AR, Pria, 29 Tahun
Dok saya mau tanya kemarin saya berhubungan intim dan ejakulasinya diluar akan tetapi sehabis ejakulasi dapat 1 menit saya berhubungan intim lagi dalam keadaan pen*s saya belum di lap pake tisu,apakah itu dapat terjadi kehamilan dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AR,

Bila dalam waktu yang berdekatan Anda melakukan hubungan seksual kembali dalam kondisi penis yang belum dilap dan hanya berjarak 1 menit, tentu saja besar kemungkinan untuk terjadinya kehamilan. Terlebih bila Anda berhubungan seksual di masa subur pasangan Anda.

Sperma dalam suhu ruangan dapat bertahan selama beberapa menit selama sperma belum mengering. Sedangkan dalam lingkungan yang mendukung seperti di dalam vagina, sperma dapat bertahan hidup hingga 5 hari. Oleh karena itu perlu berhubungan seksual disekitar masa subur yakni 3 hari sebelum sampai 3 hari sesudah masa ovulasi.

Bila jarak berhubungan seksual hanya 1 menit, tentunya sperma masih dalam kondisi baik dan masih menempel di ujung penis, sehingga tentunya masih mungkin terjadi kehamilan. Pasangan Anda perlu melakukan pemeriksaan tes pack bila sudah 1 minggu terlambat haid, untuk memastikan sedang hamil atau tidak.

Sebaiknya bila Anda dan pasangan ingin menunda kehamilan karena belum siap memiliki momongan, sebaiknya gunakan kontrasepsi seperti kondom saat berhubungan seksual atau gunakan KB seperti pil KB, pemasangan implan, suntik KB, hingga IUD.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Usia hamil 34 minggu mungkin menyebabkan gejala seperti kelelahan, susah tidur, dan sesak napas

Apa Saja yang Terjadi Saat Hamil 34 Minggu?

Usia hamil 34 minggu adalah usia yang paling penting bagi ibu hamil dikarenakan pertumbuhan janin yang mungkin akan menyebabkan gejala menjelang persalinan.