Berhubungan namun keluar diluar apa mungkin bisa hamil?

IL Info Penanya: IL, Wanita, 21 Tahun
Halo dok saya mau bertanyaSaya datang bulan di tgl 3 juliDan berhubungan intim di tgl 27 juliNamun sperma laki laki keluar di luar. Dan saya juga baru melalukan hubungan ini sekali dok. Apakah mungkin saya bisa hamil dok? Mohon bantuan untuk jawabannya dokTerimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IL,

Berhubungan seksual tetapi ejakulasi terjadi diluar istilahnya adalah senggama terputus atau coitus interuptus. Metode ini dikenal juga sebagai salah satu metode KB alami tanpa alat KB. Meskipun bisa mengurangi kemungkinan hamil, tetapi saat terjadi penetrasi bisa ada cairan yang keluar dari organ reproduksi pria dan bisa mengandung sperma.

Cairan ini disebut dengan cairan preejakulasi, cairan preejakulasi bisa mengandung sel sperma dan memiliki kemungkinan bisa menyebabkan kehamilan walaupun kecil. Jadi jika pertanyaannya adalah apakah mungkin bisa hamil, jika berhubungan tanpa pengaman seperti kondom meskipun ejakulasi diluar, kemungkinan hamil ada meskipun kecil.

Untuk itu bisa coba diperhatikan apabila nanti tgl 3 Agustus masih belum haid agar melakukan tes kehamilan menggunakan testpack. Apabila hasilnya negatif maka bisa coba diulang tgl 17-20 Agustus kalau masih belum juga haid.

Apabila masih menunda hamil atau belum ingin hamil, bisa gunakan kontrasepsi seperti:

  • kondom
  • pil KB

Penggunaan kontrasepsi agar mencegah kehamilan dan juga bisa menurunkan kemungkinan penularan penyakit menular seksual. Upayakan juga hindari melakukan aktivitas seksual apabila belum menikah agar mencegah kehamilan dan risiko lain seperti misalnya penyakit menular seksual dan HIV. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berbagai mitos berkembang mengenai bentuk perut ibu hamil

Bentuk Perut Ibu Hamil Bisa Prediksi Jenis Kelamin Bayi, Mitos atau Fakta?

Bentuk perut ibu hamil sering menimbulkan banyak mitos di masyarakat, termasuk dengan dapat diprediksinya jenis kelamin dari janin yang dikandung.